Xiaomi Mi4

Xiaomi Mi4

Produsen smartphone asal Cina, Xiaomi semakin mengepakkan sayapnya untuk menembus jajaran elit pasar smartphone global. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk baru yang diperkenalkan oleh Xiaomi akhir – akhir ini. Dan salah satunya adalah Xiaomi Mi4 yang resmi diperkenalkan bulan Juli lalu dan direncanakan akan rilis secara global bulan Agustus ini, termasuk ke Indonesia.

Nah bagi Anda yang tertarik dan berencana untuk membeli ponsel baru ini, berikut kami berikan review Xiaomi Mi4 sebagai bahan referensi Anda.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Desain Fisik dan Display

Bermodalkan dengan cassing bermaterialkan metalik, Xiaomi Mi4 mampu menghadirkan kesan mewah khas smartphone premium. Bahan metalik yang digunakan juga sekaligus memperlihatkan kesan kokoh, meskipun secara bobot sedikit berat. Dengan dimensi fisik sekitar 139.2 x 68.5 x 8.9 mm ponsel ini memiliki berat sekitar 149 gram.

Dalam balutan body mewah yang tersedia pilihan warna hitam dan putih ini telah dipasang sebuah layar 5.0 inch berteknologi IPS LCD Capasitive Touchscreen. Layar ini telah mengusung resolusi 1080 x 1920 pixel dengan kerapatan mencapai ~441 ppi. Dengan komponen display seperti ini dipastikan ponsel ini akan memanjakan Anda dengan suguhan display yang tajam dan berkualitas. Hanya saja sedikit kelemahan pada sektor ini adalah tidak disertakannya screen protector untuk melindungi layar dari segala macam goresan.

Performa dan Jaringan

Xiaomi Mi4 telah ditenagai oleh prosesor Quad – Core Krait 400 berkecepatan 2.5 GHz dengan chipset terbaik Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801. Kerja dari prosesor ini juga akan didukung dengan hadirnya RAM 3 GB yang akan menyuguhkan multitasking yang lancar dan peforma yang responsif. Sementara itu untuk pengelola grafis ponsel, Xiaomi Mi4 mengandalkan GPU Adreno 330 yang telah terpukti ampuh. Tidak cukup sampai disitu, peforma ponsel ini akan semakin disempurnakan dengan diadopsinya sistem operasi Android v4.4 Kitkat.

Sementara itu dari segi jaringan, Xiaomi Mi4 telah dibekali kemampuan jaringan yang lengkap dengan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan 4G LTE (TBA). Jaringan ini akan didukung dengan speed data DC-HSDPA 42 Mbps, HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps dan juga LTE. Selain itu untuk mengantisipasi tidak adanya jaringan 3G, ponsel ini juga telah mendukung GPRS dan EDGE. Sedangkan untuk fitur pelengkap konektivitasnya Xiaomi Mi4 juga telah dilengkapi dengan Wifi Hotspot, Wi-Fi Direct, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Bluetooth v4.0, A2DP, NFC, Infrared port, dan USB. Untuk masalah SIM card, ponsel ini menyediakan satu slot untuk micro SIM.

Kamera

Dari segi kamera, Xiaomi Mi4 tidak perlu diragukan lagi. Smartphone Android ini telah dibekali dengan kamera utama bersensor 13 MP dengan resolusi 4128 x 3096 pixel lengkap dengan fitur LED Flash, auto focus, geo taging, HDR, serta face and smile detection. Sementara itu pada bagian depannya Xiaomi Mi4 mengusung kamera berkekuatan 8 MP dengan kualitas 1080p@30fps, yang dapat terbilang special untuk ukuran kamera depan.

Memori dan Batrey

Mengingat kebutuhan ruang penyimpanan data yang terus meningkat, Xiaomi Mi4 telah menyiapkan dua varian memori internal yakni berukuran 16 GB dan 64 GB. Sayangnya pengguna harus puas dengan memori internal yang disediakan ini. Pasalnya Xiaomi sendiri tidak menyertakan slot micro SD untuk menambah kapasitas ruang simpan data.

Sedangkan untuk masalah batrey, Xiaomi Mi4 telah menyiapkan batrey non-removable berdaya 3080 mah dari jenis Li-Ion. Kabarnya batrey ini mampu bertahan hingga 280 jam stand-by dengan 3G.

Harga

Meskipun baru akan beredar di Indonesia sekitar akhir Agustus, namun kisaran harga untuk Xiaomi Mi4 ini telah diketahui. Untuk Xiaomi Mi4 varian 16 GB dibandrol dengan harga $320 atau setara dengan Rp 3.7 jutaan. Sedangkan untuk varian 64 GB di bandrol dengan harga$400 atau sekitar Rp 4.7 jutaan.