Kitkat adalah versi android yang baru keluar atau dirilis oleh Google. Banyak orang yang membicarakan tentang bagaimana kelebihan dan kekurangan dari Versi Android terbaru tersebut. Ada beberapa fitur baru yang canggih dan memanjakan pengguna decide yang sudah menggunakan Android Kitkat ini.

Seperti versi sebelumnya, Gadget Android yang sudah menggunakan OS terbaru Android ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu konsumsi RAM yang tidak begitu besar. Namun, disamping kelebihan yang ditawarkan oleh Kitkat, hal ini dapat membuat pengguna Gadget Android yang telah menggunakan Versi Android tersebut cenderung ingin mengunduh atau menginstall aplikasi dan melakukan aktifitas lainnya yang bisa berdampak pada semakin besarnya konsumsi Baterai pada Gadget Android tersebut.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tips Menghemat Baterai di Android KitKat

Ilustrasi : Daya Baterai Android

Agar tidak membuat gadget Anda boros dalam penggunaan baterai, berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai Gadget Android Anda.

1. Disable atau Matikan Fungsi Google Now
Google Now adalah fitur resmi dari Android/Google yang terdapat pada Android versi 4.1 (jelly bean) keatas. Fungsi dari google now adalah sebagai voice Assistant atau merupakan asister pribadi yang dapat Anda perintah melalui suara.
Fitur dari aplikasi Google Now memang membuat Anda terbantu, namun ternyata dengan mengaktifkan fitur ini dapat membuat gadget android Anda terus bekerja dan dapat menguras daya baterai Anda.

2. Matikan fitur Wifi dan Bluetooth jika tidak sedang digunakan
Kedua fitur tersebut dapat menguras baterai lebih banyak jika sering diaktifkan. Maka, gunakanlah Wifi dan bluetooth jika memang sedang dibutuhkan, dan jangan lupa mematikan jika sedang tidak dipergunakan.

3. Matikan Fitur GPS
GPS sangat membantu Anda dalam bepergian jauh, namun ternyata GPS merupakan konsumen daya baterai terbesar pada perangkat Android Kitkat. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mematikan fitur GPS jika tidak diperlukan.

Anda juga dapat mendownload beberapa aplikasi seperti Advanced Mobile Care dari IOBIT. Aplikasi tersebut dapat membantu untuk memaksimalkan kinerja daya baterai smartphone Android Anda. Karena terdapat mode save battery yang dapat mematikan atau mendisable fitur yang menguras baterai gadget Android Anda.