Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat menambahkan shortcut ke aplikasi favorit Anda ke area notifikasi perangkat / laci? Ya, itu benar. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membuka atau membuka aplikasi yang sering Anda gunakan. Ini misalnya mobile browser, kamera, Facebook, Twitter, Instagram dan banyak lagi.

Bagaimana menambahkan shortcut aplikasi ke area notifikasi di Android

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Untuk menambahkan shortcut aplikasi ke area pemberitahuan (laci) di Android, inilah yang perlu Anda lakukan:

Langkah Satu

Pada perangkat Android Anda, pergi ke Play Store kemudian men-download dan menginstal aplikasi gratis “Bar Launcher”.

Langkah Dua

Setelah terinstal, jalankan aplikasi dari laci aplikasi Anda. Setelah peluncuran, Anda dapat melihat bahwa belum ada aplikasi yang terdaftar di menu shortcut-nya.

Untuk menambahkan aplikasi, cukup klik ikon “plus” yang terletak di bagian kanan bawah layar Anda.

Langkah Tiga

Pilih aplikasi yang ingin Anda tambahkan ke area notifikasi Anda. Hanya tekan aplikasi untuk menambahkannya ke menu shortcut. Ulangi langkah yang sama untuk setiap aplikasi yang ingin Anda tambahkan. Setelah Anda selesai, cukup lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah Empat

Untuk re-order shortcute aplikasi,cukup tekan lama aplikasi yang ingin Anda pindahkan kemudian tarik ke posisi apapun yang Anda sukai.

Untuk menghapus shortcut aplikasi, gesek aplikasi ke sisi kiri atau kanan layar Anda.

Langkah Kelima

Setelah Anda selesai mengurutkan atau memposisikan shortcut aplikasi Anda, cukup jadikan ON pada opsi ON/OFF aplikasi. Anda dapat menemukannya di daerah kanan atas layar Anda (di sebelah tombol menu).

Setelah itu, tekan tombol menu app kemudian pergi ke “Settings”. Pada halaman setting pastikan bahwa opsi “Icon is shown in the status bar” dicentang. Jika itu dibiarkan, maka shortcut aplikasi yang telah Anda buat tidak akan tampil di area notifikasi perangkat Anda.

Jadi itu saja. Anda sudah selesai. Silahkan menutup aplikasi Bar Launcher kemudian buka area notifikasi perangkat Anda (laci). Di sana, Anda akan dapat menemukan shortcut untuk aplikasi yang Anda baru saja dipilih.

Mudah bukan ? Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat !