Masalah dengan mengirimkan file PDF yang besar adalah bahwa hal itu bisa memakan waktu lama sebelum Anda akan dapat memindahkannya dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dengan demikian, banyak pengguna memilih untuk mengurangi ukuran file dari file PDF yang besar dengan bantuan perangkat lunak tertentu atau aplikasi. Sekarang, bagaimana jika Anda tidak memiliki apapun dan Anda hanya menggunakan komputer umum? Jika itu terjadi, maka Anda selalu dapat memilih untuk mengurangi ukuran file PDF secara online.

Bagaimana cara mengurangi ukuran file PDF

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Cara kompres file PDF besar

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda belajar bagaimana cara kompres atau mengurangi ukuran file dari file PDF yang besar secara online.

Langkah Satu

Pada web browser pilihan Anda (Chrome, Firefox, dll), klik link ini untuk pergi ke halaman “Compress PDF” dari SmallPDF – aplikasi web gratis yang dapat memampatkan, menggabungkan dan mengkonversi PDF ke format lain.

Langkah Dua

Setelah Anda berada di halaman PDF Compress, cukup klik tombol merah “Choose File” untuk mencari dan menambahkan file PDF yang ingin Anda kompres.

Atau, Anda mungkin cukup drag dan drop file dari direktori file / folder lokal Anda. Tapi perlu diingat bahwa Anda hanya dapat memproses satu file pada satu waktu.

Langkah Tiga

Setelah file Anda telah di-upload, aplikasi web akan memulai proses kompresi dengan mengurangi resolusi untuk 144dpi. biarkan aplikasi web menangani tugas yang kompleks ini.

Anda tidak benar-benar perlu melakukan apa-apa kecuali menunggu sampai selesai. Anda akan dapat melacak kemajuan dengan melihat persentase penyelesaian yang ditunjukkan pada progress bar-nya.

Setelah selesai, aplikasi web akan membawa Anda ke halaman download file terkompresi Anda. Anda juga akan dapat membandingkan ukuran file dari file asli Anda terhadap file terkompresi. Misalnya, jika Anda memiliki PDF 759.25KB maka akan dikurangi menjadi 672.05KB.

Namun jangan lupa untuk mengklik tombol “Download File Now” untuk men-download dan menyimpan file PDF yang telah terkompresi ke komputer Anda.

Semoga bermanfaat !