Secara default, aplikasi yang telah diunduh dari Play Store secara otomatis akan update ke versi terbaru mereka. Ini bagus karena Anda selalu up-to-date dengan perubahan aplikasi terbaru dan perbaikan bug. Bagaimana jika Anda lebih suka versi lama lkarena ebih baik dari versi baru? Apakah ada cara bagi Anda untuk dapat menurunkan app kembali ke versi yang lebih tua? Nah, ada.

Cara mengembalikan versi aplikasi Android  ke versi lama

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Jika Anda ingin belajar bagaimana untuk mengembalikan aplikasi Anda kembali ke versi yang lebih tua, semua yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Anda bahkan tidak perlu membasmi tablet Android atau telepon.

– Pada perangkat Android Anda, pergi ke Play Store kemudian men-download dan menginstal aplikasi “App Backup & Restore”. Anda dapat men-download secara gratis.
– Setelah terinstal, buka aplikasi kemudian pergi ke tab “Installed” . Ini adalah di mana Anda dapat melihat daftar aplikasi yang diinstal. Jika Anda lihat di bawah nama app, Anda dapat mengidentifikasi versi yang saat ini terinstal pada tablet atau telepon.
– Cukup pilih aplikasi yang ingin Anda backup dan restore. Dengan menjaga cadangan dari aplikasi Anda, Anda juga akan dapat menyimpan saat mereka membangun versi. Jadi bahkan jika Anda memperbarui aplikasi Anda, versi yang tersimpan di arsip Anda akan tetap tidak berubah. Sebaliknya, versi baru akan hanya ditambahkan sebagai entri atau bagian yang terpisah.
– Sekarang Anda telah berhasil menjaga cadangan dari aplikasi Anda. Anda dapat dengan mudah memilih versi yang mana untuk di installl. Hanya jangan lupa untuk meng-uninstall versi dari aplikasi Anda terlebih dahulu dan kemudian kembali ke App Backup & Restore.
– Pada layar utama aplikasi, pergi ke tab “Archive” dan kemudian pilih versi aplikasi yang ingin Anda instal. Setelah Anda membuat pilihan Anda, tekan “Restore” kemudian pilih “Verifiy dan Install”.

Itu saja. Anda sudah selesai.

Tip lain: Nonaktifkan opsi update otomatis untuk aplikasi Anda yang telah di downgrade. Dengan cara ini, perangkat Anda tidak akan secara otomatis memperbarui aplikasi downgrade ke versi terbaru. Untuk melakukan hal ini, hpergi ke Play Store kemudian pilih “My Apps”. Cari entri untuk aplikasi Anda yang telah di downgrade kemudian hapus centang pada pilihan “Allow automatic updating “.