Sebuah smartphone tangguh beberapa waktu lalu telah diluncurkan oleh Advan Mobile dengan nama Vandroid Gaia S4D. Smartphone ini diharapkan dapat menjadi smartphone yang beredar dengan kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau di pasaran dengan harga Rp 1,6 juta per unit.

Advan Vandroid Gaia S4D ini hadir dengan ukuran layar IPS 4.7″ dengan resolusi 960 x 540 piksel. Didukung dengan Chipset Broadcoam BCM23350, Quad core ARM Cortex-A7 1.2 Ghz dan RAM 512 MB, serta grafis VideoCore IV, spesifikasi ini diharapkan cukup dapat memaksimalkan kinerja smartphone untuk aktivitas sehari-hari. Untuk melengkapi, smartphone ini juga menggunakan OS Android 4.2 Jelly Bean yang cocok untuk spesifikasi tersebut.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Advan Vandroid Gaia S4D

Advan Vandroid Gaia S4D

Untuk konektivitas, smartphone ini mendukung jaringan 3G dan dilengkapi dengan fasilitas wifi dan bluetooth. Tidak hanya itu, untuk media penyimpanan, smartphone ini menyediakan kapasitas penyimpanan internal 4 GB dengan dukungan microSD hingga 32 GB. Sebagai penunjang, smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 3 MP yang cukup baik untuk melakukan video call atau sekedar mengambil foto dan video. Sebagai sumber daya, Advan Vandroid Gaia S4D ini menggunakan batere sebesar 1500mAh yang cukup untuk menunjang semua aktivitas smartphone.

Kekurangan yang dimiliki oleh smartphone ini jika dibandingkan dengan smartphone baru yang dirilis akhir-akhir ini mungkin bisa dibilang cukup banyak. Beberapa kekurangan yang menonjol antara lain adalah RAM yang hanya 512 MB yang kurang bisa memperkuat penggunaan processor quad core 1.2 GHz sehingga terkesan tidak seimbang. Kekurangan lain adalah batere yang bisa dibilang terlalu kecil jika dibandingkan dengan smartphone lain sekelasnya yang mampu menawarkan batere hingga lebih dari 2000 mAh. Tapi selebihnya, memang smartphone ini didesain untuk dapat berjalan lancar tanpa hambatan untuk kegiatan sehari-hari dan dapat dimiliki dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan smartphone lain.

Advan Vandroid Gaia S4D

Model
Layar 4.7”, qHD 960 x 540 pixels, IPS Display (220 ppi pixels density)
Warna Oranye, Hijau, Kuning, Biru, Putih, Hitam

Memory
Internal 4 GB
Slot microSD, up to 32 GB
RAM 512 MB

Koneksi
GPRS Ya
EDGE Ya
Kecepatan HSDPA
Wifi WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Tethering
Bluetooth Ya, v4.0
USB Ya, microUSB v2.0

Fitur
OS Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
CPU chipset Broadcoam BCM23350, quad core ARM Cortex-A7 1.2 Ghz
GPU VideoCore IV

Browser HTML
Game Ya, Download

Kamera
Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Video
Depan 3 MP

Java Ya, via Java MIDP emulator

Baterai
Tipe Lithium 1500 mAh