Sadarkah anda ketika anda menjelajahi internet, maka anda akan membuat cache tersimpan pada gadget anda dan membuat memory anda penuh jika semakin lama dibiarkan. Cache sendiri mempunyai fungsi membantu anda menampilkan situs yang pernah anda buka atau sering anda kunjungi. Hal tersebut yang membuat web yang sering anda kunjungi jika anda kunjungi ulang akan terasa cepat ketimbang membukanya untuk kali yang pertama. Cache juga memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya ‘Bottleneck’ atau kemacetan dalam aliran data antara prosesor dan RAM.

Tips membersihkan Cache di Android

Cache Android

Menurut Wikipedia, cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Namun hal itu dapat membuat memory anda penuh secara mendadak dan anda biasanya akan bingung, hal apa yang membuah memory anda penuh. Oleh karena itu, anda harus menghapus cache anda yang tersimpan dari internet secara berkala agar tidak menumpuk di memori Gadget anda.

Berikut adalah cara atau prosedur untuk menghapus cache dari internet

1. Buka browser yang sering anda gunakan untuk menjelajahi Internet. (Pada cara ini,saya menggunakan Browser default dari HP Android saya)
2. Tekan tombol menu,dan pilih setting, lalu ke bagian Provacy & Security.
3. Lalu pilih Clear Cache,jika dirasa history yang tersimpan kurang penting,anda juga dapat menghapusnya dengan cara Clear History.

Setiap browser di Android mempunyai cara yang berbeda untuk menghapus cache,tetapi biasanya menu clear cache terdapat pada menu Setting,lalu Privacy & Security pada setiap Browser.

Hanya dalam 3 step diatas anda dapat membersihkan cache yang tersimpan di android Anda. Andajuga dapat menggunakan applikasi tambahan seperti Advanced Mobile Care untuk merawat file-file junk yang tersimpan di Android. Applikasi Advaced Mobile Care dapat di Download melalui Playstore dengan mencari dengan nama “AMC Security – Antivirus, Clean” dengan pembuat “IOBIT MOBILE SECURITY”