Game merupakan hiburan yang dapat melepas kejenuhan,stress,dan mengisi waktu kosong selagi mengantri/atau tidak ada hal yang dikerjakan. Banyak game yang dapat dimainkan di Gadget android diiringi melonjaknya juga produsen Android dan developer game android. Game android ada yang ringan,sedang,bahkan berat yang membutuhkan spesifikasi android yang tinggi juga.

Tips memilih Smartphone

Ilustrasi : Tips memilih Smartphone

Banyak orang yang hanya memperhatikan vendor pembuat Gadget android yang mempunyai kualitas yang baik. Namun vendor tersebut belum tentu mempunyai kelebihan untuk digunakan bermain game. Bahkan terkadang kualitas vendor tersebut dan kemampuan ponsel yang diproduksi belum tentu bagus juga.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Berikut adalah tips untuk memilih gadget android yang cocok untuk bermain game.

1. Pilihlah gadget android yang memiliki Operating Sistem atau Versi Android 4.0 (ICS/Ice Cream Sandwich) keatas. Hal ini dikarenakan bug-bug yang sudah di perbaiki sudah bagus pada versi ICS,JB,dan Kitkat, dan banyak juga Game HD yang men-support Versi Android tersebut ketimbang versi sebelummnya. Rata-rata game-game sekarang banyak yang menentukan versi minimal android nya, dan rata-rata adalah versi ICS keatas yang men-support game-game yang beredar di Play Store.

2. Perhatikan juga Kekuatan Prosesor dan Memory atau Ramnya. Kemampuan Prosesor yang tinggi untuk memainkan Game HD akan membuat kita nyaman dan tidak terasa lambat, atau macet-macet atau sering disebut lag yang bahkan terkadang membuat game tersebut hang dan force close atau terestrart sendiri. Prosesor tinggi merupakan hal yang wajib diperhatikan untuk menunjang kemampuan dan untuk menghasilkan performa yang baik untuk memainkan game-game HD. Untuk itu,disarankan untuk memilih gadget setidaknya yang telah memiliki prosesor 1.2GHz Dual Core atau lebih tinggi lagi Quad Core untuk memainkan game. Perhatikan juga Ram atau memory nya yangberguna sebagai ruang bebas android dengan kisaran 512MB atau 1GB RAM keatas agar performanya terasa dan nyaman untuk memainkan game-game.

3. Siapkan juga Internal Storage sekitar 4GB untuk Cache Memory supaya Cache memory yang terbentuk ketika bermain game. Game update dengan ukuran yang besar biasanya membutuhkan Cache Memory yang besar juga. Biasanya jika memory internal terasa kurang,maka performa android akan terganggu dan berakibat tidak bisa memainkan game tersebut.

4. Tidak lupa juga harus memperhatikan kapasitas baterai, Baterai berkapasitas besar juga merupakan salah satu faktor penunjang bermain Game HD. Semakin baru game atau semakin berat game biasanya membuat baterai boros. Daya tahan baterai harus diperhitungan, karena jika bermain game sekaligus men-charge baterai akan terasa sangat risih dan tidak bagus untuk kesehatan gadget Anda. Disarankan untuk menggunakan baterai 2000mAh keatas agar tidak cepat kehabisan baterai.