Memiliki perangkat komputer dengan peforma yang hAndal dan tanpa masalah mungkin menjadi dambaan semua orang di seluruh dunia. Tapi mungkinkah? Rasanya hal itu sulit terwujud. Banyak masalah yang seringkali terjadi pada perangkat komputer, bahkan yang diklaim super canggih sekalipun.

Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh banyak pengguna adalah seringnya komputer restart sendiri, baik ketika sedang digunakan maupun saat baru switch on. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasinya. Namun kami akan lebih fokus pada masalah kedua, yakni komputer sering restart ketika proses switch on sehingga gagal masuk windows.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Komputer Sering Restart

Ilustrasi : Komputer Sering Restart

Komputer yang kerap restart secara berulang – ulang ketika dinyalakan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah masalah hardware, seperti terjadi kerusakan hardware, pemasangan yang kurang pas, kabel penghubung yang longgar, atau bisa juga disebabkan karena adanya aliran listrik yang tidak stabil. Namun sebelum mendiagnosa bahwa masalah komputer Anda sering restart disebabkan oleh hardware, ada baiknya jika Anda terlebih dulu mengecek dan memastikan bahwa sistem operasi atau windows Anda berjalan normal. Setelah Anda yakin bahwa titik masalah terletak pada hardware, berikut langkah mengatasinya.

Cara mengatasi komputer yang sering restart saat switch on

• Pertama buka cassing Anda Anda dan lepas semua hardware yang ada, mulai dari ram, hardisk, dan sebagainya. Selanjutnya cek dan perhatikan tiap komponen hardware apakah nampak kerusakan fisik atau tidak. Jangan lupa periksa juga kabel konektor antarkomponen.
• Setelah itu bersihkan masing – masing hardware satu persatu. Pastikan hardware terhindar dari debu dan kotoran yang menempel. Perlu Anda ketahui debu bisa menjadi biang kladi pada masalah ini.
• Periksa memori RAM perangkat Anda, bersihkan kuningan pada ram dengan menggunkanan penghapus pensil dari karet. Namun dalam melakukannya, pastikan tangan Anda tidak menyentuh kuningan RAM secara langsung.
• Selanjutnya, cek bagian hardisknya. Untuk melakukan pemeriksaan pada bagian ini, dapat Anda lakukan dengan mendengarkan bunyinya ketika Anda dinyalakan. Jika suaranya terlalu brisik dan berbeda dari biasanya (dalam keadaan normal) bisa jadi hardisk Anda bermasalah dan inilah pemicu restart berulang – ulang.
• Kemudian periksa pada bagian kipas pendingin. Bersihkan bagian ini agar kipas dapat bekerja secara baik, karena jika kipas tidak bekerja secara optimal dapat memicu peningkatan suhu secara signifikan. Alhasil komputer akan mengalami over heat dan akhirnya hank atau sering restart.
• Setelah itu amati kondisi power suplay dan tegangan listrik. Pastikan pawer suplay dalam keadaan normal dan terhindar dari debu yang mengotorinya. Pastikan pula aliran listrik ke perangkat Anda stabil. Untuk itu akan sangat membantu jika Anda menggunakan stabilizer.
• Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, pasang kembali semua komponen hardware dengan benar dan tepat. Kencangkan semua kabel konektor antar komponen, jangan biarkan ada yang longgar. Kemudian nyalakan Anda Anda dan lihat hasilnya.

Demikian langkah – langkah mengatasi komputer yang sering restart ketika switch on. Mudah bukan? Namun jika setelah melakukan cara di atas komputer Anda masih mengalami masalah yang sama, besar kemungkinan motherboardnya mengalami masalah.