kelebihan Android

Hanya dalam beberapa tahun saja, BlackBerry sudah mendapat pesaing tangguh yaitu OS Android. Tentu saja, Apple masih tetap ada di antara mereka. Hmm, persaingan yang cukup ketat. Masing-masing memiliki kualitas dan sistem operasi mereka disukai banyak orang di seluruh dunia. Kita mengenal  iOS dari Apple, BlackBerry OS dari RIM, Windows Phone dari Microsoft, dan Symbian dari Nokia.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Jika dilihat dari kenyamanan/keasyikan ketika bermain game, Android lah yang paling unggul dan paling mudah digunakan untuk “bermain”. Tetapi kedua pesaing lainnya juga punya kelebihan sendiri-sendiri. Apakah Android bisa mengalahkan dua pesaing lainnya?

Masing-masing nampaknya memiliki pengguna dan penggemar sendiri-sendiri. Memang benar Android telah dipakai oleh banyak merk HP di seluruh dunia, dari merk internasional hingga merk lokal (yang hanya ditemukan di negara-negara tertentu). Kehadiran OS dengan robot hijau ini mampu menyajikan keunggulan yang tidak dimiliki oleh OS dari vendor-vendor lainnya.

Beberapa Kelebihan Android dari Pesaingnya:

1) Open Source

Karena Android adalah Linux untuk tablet (sistem operasi yang berbasis kernel Linux), maka Android merupakan sistem operasi terbuka (open source). Artinya, Google merilis kode sumber (source code) Android untuk memudahkan pengembang aplikasi yang hendak menciptakan aplikasi untuk Android. Hebat, kan?

2) Google Serius Kembangkan Android

Tenang saja, Google tidak lepas tangan setelah melempar OS ini ke pasaran. Google serius mengurusinya dengan mengupgrade ke versi-versi yang lebih canggih. Versi terbaru saat ini (hingga April 2013) adalah Android Jelly Bean.

3) Ketersediaan Aplikasi yang Beragam

Karena Android bersifat open source, para programmer (developer) di seluruh dunia dan pengembang aplikasi boleh menciptakan aplikasi apapun di OS Android.

4) Pengembang (developer) Rajin Mengupgrade Aplikasi

Pengembang aplikasi untuk Android rajin melakukan upgrade atas aplikasi yang telah mereka buat, agar tidak kehilangan konsumen.

5) Keberagaman Pilihan Perangkat

Android diproduksi oleh banyak vendor. Google mempersilakan semua vendor menggunakan Android tanpa harus membeli lisensi sehinga semua orang bisa dengan bebas untuk mengembangkannya.

6)  Harga Terjangkau

Tersedia perangkat dengan OS Android untuk low end budget.

7) Bebas Mengkostumisasi ROM

Semua orang bebas melakukan rooting (ROM) pada Android. ROM (Read Only Memory) bebas dikustomasi oleh siapapun yang bisa.

8) Terhubung Dengan Seluruh Layanan Google

Bisa mengakses semua fitur Google dengan bebas dan menghubungkanya dengan Android. Google memberikan layanan “sederhana” kepada pengguna sehingga semua orang bisa menggunakannya dengan mudah dan murah.

Nah, dengan memahami kelebihan OS Android, maka wajar ketika HP merk apapun yang menggunakan OS Android sangat laris di pasaran. Mulai dari harga Rp 500 ribuan hingga jutaan, Anda bisa menikmati perangkat Android sepuasnya. Nah, karena di pasaran terdapat banyak merk yang mengusung Android, bingung memilih adalah hal wajar. Tinggal menyesuaikan dengan budget yang anda punya.