Saat handphone hilang karena dicuri, tidak banyak yang bisa dilakukan. Kejadian tersebut memang tidak seharusnya terjadi, tapi dunia memang tidak sempurna dan beberapa orang ingin memiliki beberapa barang dengan gratis. Saat hal ini terjadi, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melindungi data pribadi Anda dan menghapus semua data di website Anda sebagai langkah terakhir.

Menghapus semua data dan mengetahui lokasi handphone Anda saat ini adalah salah satu hal yang tidak bisa Anda lakukan dari jarak jauh. Salah satu anggota forum smartphone luar negeri melihat celah ini dan mencoba untuk membuat sebuah aplikasi bernama Theftie, yang juga bisa digunakan sebagai module dari Xposed framework, sebuah framework yang dapat membuat Anda memodifikasi perilaku dari handphone langsung tanpa bantuan aplikasi, yang dapat membuat kamera depan handphone Anda secara otomatis mengambil foto pencuri dan mengirim foto tersebut via email. Hal ini dapat membantu Anda untuk mencari orang tersebut sendiri atau dengan bantuan polisi.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Aplikasi Theftie bekerja dengan tiga mode, “Prevent” untuk melindungi handphone Anda dari akses yang tidak diinginkan dengan menguncinya dan mengambil foto dari pelaku. “Catch” adalah mode yang mengijinkan Anda berkomunikasi dengan handphone Anda. Terakhir adalah mode “Rescue data” yang akan menyelamatkan data pribadi Anda seperti SMS, foto, dan dokumen serta menyimpannya ke Google Drive.

Aplikasi Theftie

Aplikasi Theftie

Seperti halnya device manager Android, Theftie dapat menghapus semua data di dalam SD card dan handphone Anda. Jika diaktifkan, aplikasi ini tidak bisa diuninstall sehingga handphone Anda akan selalu terlindungi.

Jangan biarkan handphone Anda dicuri tanpa ada tindakan, khususnya untuk menyelamatkan data Anda. Cari aplikasi Theftie ini dan cobalah. Aplikasi ini sama halnya dengan aplikasi lain, yaitu tidak menjamin keamanan handphone Anda, sehingga Anda tetap harus menghubungi polisi terdekat apabila handphone Anda dicuri, tapi tentunya aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mencari siapa pencurinya dan memberi Anda kemudahan untuk mengamankan semua data Anda dari tangan yang tidak bertanggung jawab.