tips memilih hp cina

tips memilih hp cina

Tanah air kita sejak beberapa tahun yang lalu telah menjadi sasaran empuk penjualan HP Cina, baik HP biasa maupun smartphone, dari yang sangat murah hingga yang harga bersaing dengan merk yang sudah terkenal. Unik jika kita mau sejenak memikirkannya: dengar-dengar, banyak produk barang Cina yang dijual di Indonesia adalah menggunakan bahan dasar yang dibeli dari Indonesia, seperti pecahan puing pesawat, atau kereta api, atau yang lain. Sepertinya memang sangat masuk akal, mengingat Cina sudah menjadi negara canggih yang mampu memproduki banyak keperluan modern untuk penduduknya, bahkan mampu mengekspor.

Sekitaran 2006, HP dari negara Asia Timur yang kita dengar mungkin Cuma Beyond, Nexian, dan MITO. Kemudian menyusul ada Blueberry,Nexcom, dan Cross. Kini, makin marak lagi, hingga Blueberry mendapat  teman yang bernama Sunberry. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 1,5 juta tergantung pada fitur yang ditanamkan dalam Hpnya, mulai dari HP biasa, smartphone qwerty, hingga touchscreen, dari single SIM Card hingga Double SIM Card ON. Bahkan, hingga beberapa diantaranya mulai bermain di tablet lho! Waah.. makin berani saja Cina bermain untuk menyaingi vendor kondang asal Korsel, Samsung, dan vendor populer dari Amerika, BlackBerry. Atau juga mau menyaingi Apple? Kita lihat saja kelanjutannya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Namun bagi kita warga Indonesia, terutama kantong sedang, HP Cina bukan berarti HP yang tidak berkualitas. Sebuah elektronik awet tentu saja sebabnya ada beberapa hal, yang pertama tentu saja adalah bagaimana pemilik memperlakukan elektronik tersebut, dan yang kedua adalah memahami spesifikasi atau fitur yang dimiliki HP tersebut. Jadi, sangat bisa jadi Anda membeli HP Cina dengan harga murah namun mendapatkan sederet fitur canggih dan HP Anda tersebut awet tahan lama, sehingga Anda bebas pikiran untuk menghemat dana.

Berikut ini tips membeli HP Cina:

  1. Jika Anda penyuka games di HP atau aneka aplikasi lain, cari yang memiliki fitur JAVA agar memudahkan Anda mendownload, menginstal dan memutar berbagai aplikasi tersebut.
  2. Lebih baik hindari HP Cina touchscreen new yang dibawah Rp 300 ribu, karena pada dasarnya LCD untuk layar sentuh membutuhkan dana yang cukup lumayan, jadi perlu dicurigai jika bisa berharga sangat murah.
  3. Pilih dengan bobot yang lebih berat, makin berat maka berarti spesifikasi yang dibenamkan semakin lengkap
  4. Perhatikan backdoor, apakah kancing/ tutup batere kuat/ tidak
  5. Lebih baik jangan membeli HP Cina second, kemungkinan besar karena sudah pernah terjadi kerusakan (pemilik sebelumnya menemui kerusakan sehingga dijual)
  6. Usahakan yang memiliki graha atau kantor untuk klaim garansi resmi di kota Anda. Garansi asli  elektronik (bukan toko) baru umumnya minimal 1 tahun.

Nah, jangan khawatir membeli HP Cina. Bicara tentang keawetan perangkat, semua tergantung tangan Anda bagaimana memperlakukannya, kan?