Jika Anda ingin mengetahui jenis font yang sedang digunakan oleh situs atau halaman web tertentu, maka Anda harus mencarinya secara manual dengan memeriksa gaya yang dikaitkan dengan halaman web tertentu atau elemen web. Tentu saja, hal semacam ini adalah sangat susah bagi mereka yang memiliki pengetahuan dasar dalam desain web dan pengembangan. Sekarang, bagaimana jika Anda tidak memiliki pengetahuan di web coding? Apakah ada cara bagi Anda untuk dengan cepat mengidentifikasi font yang digunakan di situs tertentu atau halaman?

Bagaimana untuk mengetahui apa jenis font yang digunakan pada sebuah website

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Jawabannya adalah ya, ada cara yang cepat dan mudah bagi Anda untuk mengetahui jenis font yang digunakan pada halaman web atau situs. Namun, tip ini hanya berlaku untuk pengguna Chrome karena Anda akan perlu untuk men-download dan menginstal ekstensi browser yang disebut WhatFont. Tentu saja, Anda tidak harus biasanya menggunakan Chrome – Anda bisa tetap pada firefox, Opera, atau Internet Explorer namun menggunakan Chrome hanya untuk tujuan ini.

Untuk memulai, cukup men-download dan menginstal ekstensi mn dari Chrome Web Store DISINI dan kemudian memastikan bahwa itu telah diaktifkan. Anda akan tahu apakah ekstensi bekerja karena ikon akan muncul di sisi kiri Omnibar browser Anda (address bar).

Setelah selesai, klik pada icon WhatFont untuk mengaktifkannya lalu tarik dan tempatkan pointer mouse Anda di atas font yang Anda inginkan. Nama font akan muncul tepat di samping font atau teks

Jika Anda ingin mendapatkan rincian lebih lanjut, klik font atau teks dan jendela kecil akan muncul. Ini akan menunjukkan beberapa rincian penting seperti jenis format yang digunakan untuk menekankan font (tebal, teratur, underline, italic) serta warna font, ukuran dan tinggi baris.

Selain itu, ekstensi browser tersebut juga akan memungkinkan Anda untuk berbagi dan tweet jenis font yang Anda baru saja identifikasi. Setelah Anda selesai menggunakan ekstensi, cukup klik ikon lagi atau klik “Exit WhatFont” sehingga Anda dapat kembali ke keadaan normal browsing Anda.

Semoga bermanfaat !