Orang menyebutnya dua langkah verifikasi sementara beberapa lebih suka menyebutnya sebagai otentikasi dua faktor. Yah, itu tidak terlalu penting bagaimana Anda lebih suka menyebutnya selama dapat membantu mengamankan akun Dropbox Anda.

Bagaimana mengaktifkan otentikasi dua faktor di Dropbox
Omong-omong, tidak semua orang tahu cara mengatur otentikasi dua faktor untuk Dropbox. Jika Anda salah satu dari mereka, sekarang adalah kesempatan Anda untuk melakukannya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Langkah 1

Pergi ke Dropbox kemudian log-in ke account Anda menggunakan email dan password.

Langkah 2

Setelah Anda login ke akun Anda, klik nama akun (salah satu yang terletak di sudut kanan atas layar Anda) dan kemudian klik “Settings”.

Langkah 3

Sebuah jendela baru atau tab baru akan muncul. Klik tab itu dan kemudian pergi ke “Security”.

Langkah 4

Pada “Security”, klik “Enable” ¬†di bawah “Two-Factors ¬†verification”.

Langkah 5

Sebuah jendela pop-up akan muncul. Konfirmasikan pilihan Anda dengan mengklik ¬†“Get Started” Ketik password Anda untuk melanjutkan kemudian klik “Next”.

Langkah 6

Anda kemudian akan diminta untuk memilih apakah akan menerima kode keamanan Anda melalui pesan teks atau aplikasi mobile.

Jika Anda memilih untuk menerima kode Anda melalui pesan teks, maka Anda akan diminta untuk mengetik nomor ponsel Anda. Setelah Anda melakukan ini, klik next. Kode keamanan akan secara otomatis dikirim ke ponsel Anda. Ketik kode keamanan yang Anda terima dan kemudian klik next. Setelah ini, salin kode cadangan darurat Anda dan tetap aman kemudian klik “Enable two-step verification”. Setelah Anda selesai, tunggu pesan konfirmasi dan hanya itu. Anda sudah selesai.

Langkah 7a

Sekarang, jika Anda memilih untuk menerima kode keamanan Anda melalui aplikasi mobile, Anda akan perlu menggunakan aplikasi authenticator pihak ketiga seperti yang tercantum di bawah ini:

Google Authenticator untuk Android, iPhone atau BlackBerry
Authenticator App untuk Windows Phone 7
Duo Mobile untuk Android atau iPhone

Cukup dengan men-download dan menginstal salah satu aplikasi yang tercantum di atas pada perangkat mobile Anda.

Langkah 7b

Jalankan aplikasi authenticator Anda kemudian menambahkan token berbasis waktu baru atau membuat account baru. Setelah itu, pilih opsi untuk “Scan barcode” kemudian scan barcode yang sedang ditampilkan di akun Dropbox Anda.

Setelah scan barcode, app authenticator Anda secara otomatis akan menampilkan kode keamanan yang baru dihasilkan. Ketik kode pada kotak konfirmasi.

Reminder: Kode yang dihasilkan oleh aplikasi authenticator akan berubah setiap 30 detik. Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi authenticator Anda benar disinkronkan atau jika tidak, kode tersebut tidak akan bekerja. Untuk melakukan hal ini, pergi ke Authenticator Settings> Time correction for codes kemudian tekan “Sync Now”.

Langkah 8

Sekali lagi, tungguu pesan konfirmasi muncul. Anda kemudian akan diminta untuk menuliskan dan menyimpan kode keamanan darurat Anda. Mengkonfirmasi tindakan Anda dengan mengklik tombol “Enable two-step verification” dan hanya itu. Anda sudah selesai.

Sekarang, setiap kali Anda log-in ke akun Dropbox Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan 6-digit Anda. Tergantung pada metode yang telah Anda pilih (lihat langkah sebelumnya), Anda akan dapat menghasilkan kode melalui pesan teks atau melalui aplikasi mobile.

Jika, dalam kasus, Anda gagal untuk menyediakan kode pengaman yang benar, Anda dapat mencoba untuk log-in menggunakan 16 digit kode cadangan darurat Anda. Perlu diketahui bahwa kode cadangan darurat Anda perlu untuk memulihkan akun Dropbox Anda. Jika Anda gagal untuk menyediakan kode darurat Anda, maka Anda akan secara permanen terkunci dari akun Dropbox Anda.

Semoga bermanfaat !