Pernahkah Anda mengalami masalah dengan shutting down laptop atau komputer PC Anda? Beberapa orang mengeluhkan masalah terkait hal ini dan rata – rata menyebutkan masalah yang sama, yakni proses shutting down yang lama. Bahkan ada yang mengeluhkan laptopnya pernah memakan waktu hingga dua jam lebih hanya untuk proses shutting down. Yap masalah ini memang bisa saja terjadi pada laptop apa saja dari vendor mana saja, terlebih jika laptop atau PC yang sudah lumayan tua.

Masalah lamanya shutting down ini tentu saja dapat membuat Anda sedikit frustasi. Apalagi jika Anda dalam keadaan buru – buru, mendapati hal seperti ini bisa saja membuat Anda panik. Namun sebenarnya apa sih yang menyebabkan proses shutting down yang lama pada laptop atau PC? Pada kesempatan kali ini kami kan sedikit mengulas mengenai masalah ini. Berikut beberapa hal yang patut Anda curigai ketika laptop Anda lama Shutting downnya, sekaligus langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

cara mengatasi shutting down yang lama

Ilustrasi : Komputer Lemot

Penyebab dan cara mengatasi shutting down yang lama

# Terlalu Banyak Temporary File

Perlu Anda ketahui temporary file ini semacam file sampah yang belum 100% hilang dari laptop atau PC Anda. Misalnya file yang Anda buat atau Anda buka dalam suatu program atau aplikasi namun tidak Anda simpan. Contohnya setelah membuat data atau dokumen dengan microsoft office dan tidak menyimpannya. Hal ini akan meninggalkan sampah pada komputer Anda.

Lantas apa solusinya? Untuk masalah pertama ini solusinya cukup mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi CC Cleaner atau Baidu PC Faster untuk membersihkan temporary file setiap kali akan men-shutting down laptop atau komputer. Aplikasi ini dapat membantu mempercepat proses shutting down yang lama hingga beberapa menit. Lumayan bukan?

# Adanya Aplikasi yang tidak cocok

Perlu Anda pahami tidak semua aplikasi cocok untuk setiap jenis laptop atau PC. Untuk itu ingatlah kembali kapan laptop Anda mengalami masalah shutting down ini, apakah setelah Anda menginstall suatu aplikasi baru? Jika ya, mungkin itulah penyebabnya.

Untuk penyebab yang kedua ini, solusinya Anda cukup menguninstall aplikasi tersebut. Banyak sumber mengatakan hal demikian dan masalah seketika kelar setelah mereka menguninstall program yang dicurigai tidak cocok untuk laptop atau PC mereka.