Apakah Anda menyadari fakta bahwa sebagian besar aplikasi dan ekstensi yang Anda gunakan pada Chrome memerlukan akses ke akun Anda?i soal fakta, ini tidak hanya terbatas pada ekstensi Chrome dan aplikasi. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi web Anda. Selama aplikasi web akan meminta Anda untuk log-in atau menautkan akun Google Anda, maka Anda sedang mengizinkan aplikasi itu untuk melihat atau mengakses beberapa bagian dari akun pribadi atau data. Seperti, misalnya, Anda memungkinkan AppBrain atau Facebook untuk mengakses informasi akun dasar Anda.

Bagaimana mengelola hak akses akun Google

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Masalahnya adalah beberapa aplikasi akan mempertahankan akses bahkan jika Anda telah berhenti menggunakan mereka. Jadi untuk memastikan, Anda dapat memilih untuk secara manual mencabut akses aplikasi ke account Anda. berikut adalah cara untuk menghapus aplikasi yang terkait dengan akun Google Anda.

Langkah 1

Masuk ke akun Google Anda menggunakan email dan password.

Langkah 2

Setelah Anda login ke akun Google Anda, pergi ke halaman Home Google atau Gmail Anda kemudian klik foto profil Anda.

Langkah 3

Sebuah jendela kecil akan muncul dan di sana, Anda akan dapat melihat profil Anda, mengubah privasi akun Anda atau sign out. Cukup klik “Account” untuk pergi ke a “Personal Info – Account Settings”.

Langkah 4

Pada “Personal Info – Account Settings”, klik tab “Security”.

Langkah 5

Di bawah tab “Security”, pergi ke bagian “Account Permissions” lalu klik “View All”.

Langkah 6

Pada halaman “Account Permissions” Anda, Anda akan melihat daftar lengkap aplikasi dan ekstensi yang dapat dengan bebas mengakses akun Anda. Beberapa aplikasi ini mungkin memiliki akses penuh akun sementara ada juga mereka yang memiliki akses sangat terbatas. Cukup klik pada aplikasi apapun untuk menentukan jenis izin yang telah Anda diberikan.

Langkah 7

Untuk menghapus sebuah aplikasi atau ekstensi dari akun Anda, klik saja kemudian pada menu sidebar yang sesuai, cukup klik tombol untuk “Remove Akses”.

Hanya perlu diingat bahwa setelah Anda menghapus aplikasi dari “App Permissions” Anda, Anda harus mengotorisasi kembali jika Anda ingin menggunakannya lagi.

Metode ini bisa sangat berguna terutama jika Anda ingin membersihkan akun Google Anda. Ini juga akan membantu menjaga account Anda aman dari pelanggaran privasi dan bentuk lain dari serangan berbahaya.

Semoga bermanfaat !