Artikel ini akan membahas secara ringkas bagaimana cara melihat informasi lebih lanjut tentang pesan e-mail dari mana asalnya, dengan melihat “Full Headers” pada pesan email tersebut. Bagaimana saya bisa melakukannya di Gmail?

Bagaimana cara melihat "Full Headers" Email di Gmail?

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Biasanya, bila Anda melihat pesan e-mail dalam inbox Anda, hal itu menunjukkan hanya alamat “From”, Alamat “To” alamat, “Subject”, dan tanggal dikirim. The “Full Header” dapat menunjukkan informasi lebih lanjut tentang di mana pesan itu dikirim dari dan bagaimana pesan tersebut dikirim sebelum mencapai kotak masuk Anda.

Untuk Lmelihat  header Di Gmail lakukan langkah berikut ,
1. Pertama bukan pesan e-mail yang Anda ingin lihat full header nya.
2. Di sudut kanan atas pesan, di sebelah kanan kata “Reply”, adalah sebuah kotak dengan panah menunjuk ke bawah. Dan klik pilihan ” Show original”.
4. Ini akan membuka jendela baru yang menampilkan header lengkap dari pesan e-mail.

Apa artinya headerdan bagaimana cara membacanya, adalah jawaban yang lebih lama dan lebih rumit. Artikel ini hanya untuk menjelaskan bagaimana untuk melihat header lengkap di Gmail. Namun secara ringkasnya dengan melihat header sebuah email Anda bisa mengetahuoi alamat i psi pengirim, server yang digunakan, dan juga lokasi dimana pengirim mengirim email tersebut.

Semoga bermanfaat !