Memformat adalah alat yang berharga dan penting ketika berhadapan dengan berbagai jenis media penyimpanan dan dapat membantu memecahkan banyak kesalahan dan frustasi yang Anda hadapi. Tapi apa yang Anda lakukan jika USB flash disk Anda perlu diformat tetapi, setiap kali Anda mencoba melalui menu properti muncul error, atau bahkan tidak akan mengenali flashdisk dengan  benar sama sekali. Jangan putus asa karena di sini kita akan bahas solusinya.

Format flashdisk menggunakan cmd

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Berikut adalah langkah cepat Format flashdisk menggunakan cmd
Langkah-langkah untuk Format flashdisk menggunakan cmd

Panduan ini memandu Anda untuk memformat  flash flashdisk sebagai FAT32,  untuk format sebagai NTFS cukup ganti dalam kotak perintah. FAT32 adalah gaya format yang direkomendasikan oleh panduan ini tetapi banyak yang lebih memilih NTFS.
1. Nyalakan komputer dengna normal.

2. Setelah Anda berada di desktop Anda ,masukkan flashdisk ke port USB

Harap dicatat: jika Anda tahu huruf terkait dengan lokasi flashdisk disk maka Anda dapat melewati langkah 3 dan 4

Langkah 3. Pergilah My Computer (dapat diakses dari menu start atau desktop) dan melihat ke bawah panel navigasi di sisi kiri, ini adalah daftar ke folder populer dan menu root dan lokasi di komputer Anda.

Langkah 4. Flashdisk Anda seharusnya ada pada daftar di salah satu lokasi, hal itu biasa ditandai dengan brand, removable storage atau sejenisnya. Perhatikan huruf dari partisi usb file Anda,

Langkah 5. Buka start menu, klik start kemudian klik run.

Langkah 6. Ketik cmd ke dalam kotak dialog run dan klik OK, ini adalah untuk memulai jendela command prompt dari mana Anda akan dapat memilih gaya format Anda dan nama drive Anda.

. Langkah 7 Kemudian jendela command prompt terbuka dan Anda akan perlu mengetikkan “Format G:”

jika Anda ingin Format sebagai FAT32 lalu ketik “Format G: / FS: FAT32”

Langkah 8. G dalam hal ini mengacu pada contoh lokasi flashdisk kita, sebagai gantinya Anda akan memasukkan huruf yang Anda ingat Setelah Anda telah mengetik perintah di atas tekan enter.

Langkah 9. Di sini, Anda akan diminta untuk tekan enter lagi dan kemudian memberikan nama untuk flashdisk Anda. Ikuti petunjuk ini kemudian tekan enter lagi.

Anda telah menyelesaikan proses Format flashdisk menggunakan cmd; kembali ke komputer saya untuk memeriksa bahwa format telah selesai dengan sukses.