Setiap pengguna laptop atau Netbook saat ini dipusingkan karena waktu yang terbatas pada baterai. Saat baterai masih baru, Anda akan memiliki waktu cadangan yang baik, tetapi ketika baterai  menjadi  tua beberapa bulan Anda pasti akan menghadapi masalah daya tahan baterai yang terbatas.

Meningkatkan masa hidup baterai laptop dengan udah

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

 

Jadi di sini saya memberikan Anda solusi untuk Meningkatkan daya tahan baterai laptop hingga tingkat yang memadai.

Ada perintah inbuilt di komputer Anda untuk Meningkatkan daya tahan baterai serta kinerja sistem tetapi tidak semua pengguna menyadari hal itu. Beberapa laptop langsung menyediakan antarmuka dengan opsi disebut sebagai “POWER SAVING MODE” tetapi jika laptop Anda sudah tua atau tidak memiliki fitur ini secara default, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan tugas yang sama secara manual.

Jika Anda memiliki laptop dengan Windows 7, Anda dapat menggunakan perintah ‘powercfg’. Ini akan menampilkan informasi yang berguna tentang konsumsi energi laptop Anda dan penggunaan. Jika Anda dapat memahami dan memelihara dengan benar maka Anda dapat memperpanjang hidup dan kinerja baterai Anda dengan jumlah yang besar.
Langkah-langkah untuk Meningkatkan daya hidup baterai laptop

Langkah 1: Klik pada Start Menu dan ketik “CMD” di Start Search bar.

Langkah 2: Pencarian akan dimulai dan kemudian akan menampilkan ikon “CMD”. cukup klik kanan di atasnya dan pilih Run as administrator.

Langkah 3: Ini akan membuka command line, sekarang cukup  menjalankan perintah “powercfg -energy” tanpa tanda kutip. (Untuk windows 7.) Pengguna Windows 8 Cukup dapat menjalankan perintah “powercfg / energy” tanpa tanda kutip.

Langkah 4: Sekarang Tekan “Enter”.

Setelah Anda berhasil menjalankan perintah ini, Windows akan menjalankan scan lengkap sistem Anda dan akan menemukan beberapa cara untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya.

Hasil dari proses ini akan disimpan ke file HTML, yang biasa hadir dalam folder “System32”.
Untuk mengakses file ini, cukup ikuti path yang akan ditampilkan dalam jendela command prompt setelah selesai perintah. Baca file ini untuk memahami program apa pada sistem Anda mengkonsumsi lebih banyak daya dan menurunkan kinerja. Perbaiki Masalah untuk Meningkatkan daya tahan baterai laptop.
Beberapa Tips yang Lebih Berguna untuk Meningkatkan daya tahan baterai

Eject atau Hapus Perangkat Eksternal seperti flashdisk / DVD / External HDD jika tidak di Gunakan
Jalankan aplikasi yang tidak memakan  banyak RAM
Nonaktifkan Bluetooth Laptop Anda jika tidak digunakan.
Mengurangi kecerahan Layar, ini menghilangkan banyak daya baterai Anda, Mengurangi Brightness akan membantu
Aktifkan Internet jika Anda tidak menggunakannya.
Pastikan Suhu Laptop Anda tetap Rendah

Saya sangat yakin tugas ini akan membantu Anda untuk Meningkatkan hidup baterai laptop. Semoga bermanfaat !