Memblokir website pada komputer Anda menjadi perlu ketika Anda benar-benar ingin menjadikan komputer Anda pribadi. Banyak kali seseorang dari keluarga atau beberapa teman menjengkelkan datang kepada Anda dan ingin menggunakan komputer Anda untuk berselancar di internet dan kemudian ia mulai melihat video di youtube atau mulai chatting di Facebook terlepas dari apakah Anda menyukainya atau tidak tetapi Anda bahkan tidak bisa meminta mereka untuk meninggalkan hal itu.

Cara Memblokir Website Di Komputer Anda

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tentu saja Anda tidak ingin bahwa orang menggunakan komputer untuk waktu yang lama dan tetap menggunakan internet Anda sementara Anda hanya duduk samping mereka untuk melihat apa yang mereka lakukan. Anda hanya dapat memblokir situs dan mencegah mereka dari pembukaan di sistem anda untuk menyingkirkan masalah ini.

Cara Memblokir Website di Komputer Anda dengan file Host

Ada Trik tertentu untuk memblokir website dari sistem anda salah satunya menggunakan file host Windows

Untuk metode ini, Anda tidak memerlukan software tambahan untuk diinstal pada komputer Anda. Yang Anda butuhkan adalah sedikit pengetahuan dan beberapa kemampuan mengedit file dasar dengan menggunakan notepad. Windows memiliki file host ini untuk memetakan alamat ip dan nama host dari situs host ke komputer Anda.
Dengan menggunakan trik ini Anda dapat membuat komputer Anda untuk mengarahkan kembali ke komputer lokal Anda bukan membuka situs yang dituju.  Jadi untuk memblokir situs web apapun penggunaan file host windows Anda perlu mengikuti beberapa langkah seperti yang diberikan di bawah ini:

Langkah 1: Buka “C: driver \ Windows \ System32 \ \ etc” di bar pencarian Windows atau arahkan ke folder dengan melalui Windows Explorer.

Step 2: Sekarang setelah mencapai kedirektori ini Anda akan melihat sebuah file bernama host . Klik kanan pada file tersebut dan klik open with dengan notepad.

Langkah 3: Pada Notepad, Anda akan melihat beberapa baris teks yang digunakan untuk tujuan pemetaan.  Pergi ke baris terakhir teks, sekarang tekan enter untuk memindahkan kursor ke akhir file lalu ketik “127.0.0.1” (tanpa kode) dan tekan spasi.
Langkah 4: Sekarang, ketik alamat tertentu dari situs web yang ingin Anda blok pada baris yang sama.  Sebagai contoh, ketik “127.0.0.1 www.reddit.com”, “127.0.0.1 www.facebook.com” untuk memblokir semua situs tersebut.

Langkah 5: Sekarang Simpan file ini dan mengabaikan jika Anda menerima pesan yang menunjukkan Anda peringatan tentang modifikasi ini.

Langkah 6: Buka browser Anda dan pastikan bahwa situs yang akan diblokir tidak terbuka lagi.