Prosesor dapat dikatakan sebagai salah satu bagian terpenting dari sebuah perangkat cerdas Android, macam smartphone. Yup tidak dapat dipungkiri bahwasanya bagian inilah yang akan sangat menentukan peforma yang dihadirkan oleh perangkat tersebut. Dengan demikian, wajar saja jika bagian ini menjadi perhatian utama seseorang dalam memilih dan membeli sebuah smartphone Android.

Berbicara mengenai prosesor pada smartphone Android sendiri, saat ini telah banyak dikembangkan berbagai jenis dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pada kesempatan kali ini akan coba kami bahas beberapa macam prosesor yang banyak digunakan pada smartphone Android dari berbagai vendor ternama. Semoga dapat memberikan gambaran bagi Anda yang memang tengah mencari smartphone yang berkualitas.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Prosesor Android

Prosesor Android

Macam prosesor yang banyak digunakan pada smartphone Android

# Snapdragon

Tentu Anda sudah tidak asing dengan nama Snapdragon, pasalnya jenis prosesor ini memang banyak dipilih oleh vendor – vendor ternama dunia sebagai tenaga utama untuk menjalankan produk mereka. Prosesor Qualcomm ini memang dibekali dengan teknologi canggih yang terus dikembangkan serta memiliki kinerja yang sangat baik pada berbagai macam device. Kelebihan yang dimiliki terletak pada peformanya yang responsive dengan kemampuan multitasking yang handal.

# Media Tek

Prosesor jenis ini diproduksi oleh perusahaan penyedia komponen perangkat komunikasi nirkabel yang cukup terkemuka, yakni Media Tek atau MTK. Prosesor jenis ini sekarang juga semakin meningkat penggunaannya, karena jika dipandang dari segi harga memang relative lebih murah. Namun meskipun demikian kemampuan kerjanya tidak perlu diragukan.

# Tegra

Prosesor ini bagi sebagian orang mungkin memang lebih asing dibanding dengan kedua jenis sebelumnya (Snapdragon dan Media Tek). Prosesor yang berada dibawah naungan pihak NVIDIA ini memiliki keunggulan pada segi visualisasi. Perangkat Android yang menggunakan prosesor ini umumnya juga unggul dalam urusan game.

# OMAP

OMAP merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan Texas Instrument. Prosesor ini memiliki keunggulan untuk memproses tampilan situs internet layaknya browsing dengan computer. Selain itu OMAP juga memberikan proses interface yang lebih cepat.