Apakah Anda sering ganti smartphone? Tentu terkadang Anda khawatir akan data Anda akan hilang atau tidak bisa memindahkan data ke ponsel baru. Salah satu data yang paling sering membingungkan adalah kontak telepon. Nah, terkadang kita untuk memindahkannya harus mencatatnya di secarik kertas ataupun meng-copynya terlebih dahulu di SIM Card.

Backup Data Smartphone

Backup Data Smartphone

Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang lebih mudah untuk digunakan. Ada beberapa trik mudah backup data smartphone yang digunakan untuk smartphone. Anda bisa memindahkan data dengan mudah dari smartphone satu ke smartphone lainnya, terutama kontak telepon yang sangat penting.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Untuk pengguna Android, sebenarnya akan lebih mudah. Pasalnya ada salah satu fitur dari Google yang memudahkan, yaitu penyimpanan awan (cloud). Nah, dengan ini, Anda bisa menyimpan data Anda dan dapat mengaksesnya di smartphone lain dengan mudah. Anda hanya butuh sinkronisasi akun Anda dengan smartphone Android yang baru Anda. Oke, mari kita simak cara tersebut dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda masuk halaman setting pada smartphone Anda.
2. Pada window ini Anda bisa klik Backup & Reset. Namun ada beberapa versi android menuju halaman opsi Prvacy lalu Accounts untuk menemukan Backup & Reset.
3. Disini Anda akan menemukan beberapa pilihan yang bisa Anda pilih. Seperti Back up my data, backup account, Automatic restore, dan lainnya.
4. Nah, disini silahkan Anda centang backup my data dan juga automatic restore.
5. Sebelum backup, Anda bisa memilih akun Google mana yang akan Anda pilih. Klik pada backup account untuk memilih akun yang akan digunakan.
6. Jika ingin menggunakan akun lain, Anda bisa menambahkannya pada menu tersebut.

Itu adalah salah satu cara backup yang cukup mudah dengan menggunakan fasilitas Google. Anda masih bisa menggunakan cara lain untuk backup data Anda dengan menggunakan aplikasi lain yang bisa di dapatkan di Google Play. Saya sarankan untuk backup data Anda secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti data hilang pada saat smartphone Anda rusak ataupun hal lainnya. Oke, selamat menggunakan cara tersebut untuk backup data Anda.