SD card sebagai memori tambahan pada sebuah ponsel tentunya merupakan salah satu komponen ponsel yang sangat berharga bagi pengguna, karena dengan memori ini pengguna akan dapat menyimpan data lebih banyak. Pada perangkat Android, SD card ini ternyata dapat dipartisi menjadi beberapa bagian yang dapat bermanfaat untuk membantu kinerja memori internalnya atau dengan kata lain partisi ini akan dapat meringankan memori internal.

Partisi SD Card pada Perangkat Android

Ilustrasi : SD Card

Namun partisi SD card ini tentunya juga memiliki beberapa resiko seperti hilangnya data pada memori tersebut. Oleh sebab itu demi keamanan dan kelancaran proses partisi SD card ini disarankan untuk memback-up data terlebih dahulu ke komputer atau perangkat lain.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sedangkan untuk cara melakukan partisi SD card pada perangkat Android Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

• Pertama sediakan alat untuk melakukan partisi SD card ini, seperti software MINI Tool Partition Wizard yang dapat didownload dengan mudah, SD card, Card Reader, dan perangkat komputer atau laptop.
• Setelah semua alat yang dibutuhkan telah lengkap, sambungkan SD card ke komputer dengan menggunakan Card reader dan usahakan tidak menggunakan kabel USB yang disambungkan dengan smartphone karena akan sangat riskan apabila terjadi kesalahan dan berdampak langsung pada smartphone Anda.
• Back up seluruh data yang ada di SD card, karena proses partisi ini dapat mengahapus dat ayang ada
• Install dan jalankan Mini Tool Partition Wizard pada perangkat komputer Anda kemudian pilih SD card yang akan di partisi.
• Selanjutnya klik opsi Delete pada yang terdapat pada aplikasi tersebut, hal ini dilakukan untuk meng-unallocated SD card Anda.
• Kemudian pilih Create untuk memulai mempartisi SD card Anda.
• Pada proses pempartisian pertama pilih create as >Primary; File system > FAT 32; Cluster Size > Default; Size And Location sesuaikan dengan memori SD card Anda (1000 MB untuk 2 GB, 2500 MB untuk 4 GB, dan 6200 untuk 8 GB), lalu klik OK. Partisi pertama ini gunanya untuk menyimpan file berbentuk gambar, video, mp3, dan yang sejenisnya.
• Setelah proses pempartisian pertama selesai, klik kembali unallocated dan kemudian pilih create.
• Pada proses pempartisian yang kedua pilih Create as > Primary; File system > Ext2; Cluster Size > 4 KB; Size And Location sesuikan dengan kapasitas SD card Anda(500 MB untuk 2 GB, 700 MB untuk 4 GB, dan 800 MB untuk 8 GB), lalu klik OK. Partisi kedua ini gunanya sebagai memory eksternal kedua.
• Setelah proses pempartisian kedua ini selesai, pilih unallocated kembali lalu pilih create.
• Pada proses pempartisian ke tiga ini pilih Create as > Primary; File system > Linux Swap; Cluster Size > default; Size And Location > pilih semua sisa partisi sebelumnya, lalu pilih OK.
• Langkah selanjutnya klik opsi Apply yang terdapat pada bagian pojok kiri atas. Setelah itu tunggu beberapa waktu hingga proses selesai.

Bagaimana, sudah bisa kan mempartisi SD Card Anda? Nah, jika masih belum bisa, teliti lagi langkah-langkah diatas. Oke, semoga memberi manfaat bagi Anda yang sedang membacanya.