Mengembalikan Data Android yang Hilang

Ilustrasi : File Recovery

Bagi Anda pengguna perangkat Android, kini tak perlu lagi kawatir akan kehilangan berbagai data dari perangkat Anda, sekalipun data tersebut terhapus. Pasalnya kini telah tersedia layanan recovery data dengan memanfaatkan software recovery yang khusus dibuat untuk perangkat Android. Yang lebih menggembirakan lagi, software ini sangat mudah Anda dapatkan dan tentunya gratis.

Berbagai data yang dapat direcovery dengan software ini antara lain gambar, foto, video, SMS, nomor kontak baik yang Anda simpan di memory internal maupun eksternal. Lantas bagaimana cara mengembalikan data di Android yang hilang dengan software ini? Sangat mudah! Anda tinggal mengikuti beberapa langkah berikut ini.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Cara Mengembalikan Data yang Hilang Dari Perangkat Android

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload dan menginstal software Android Recovery Tool pada PC Anda.
2. Selanjutnya sambungkan perangkat Android Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
3. Kemudian aktifkan USB debugging, dalam melakukan langkah ini setiap versi Android memiliki cara yang berbeda. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
• Android versi 2.3 atau sebelumnya: Klik setting >> Aplikasi >> Pembangunan >> USB Debugging >> ceck list pilihan Mendebug USB.
• Android versi 3.0 sampai 4.1: Pilih menu setting >> Pengembang >> periksa USB Debugging >> mendebug USB lalu ceck list.
• Android versi 4.2 dan yang lebih baru: Masuk menu setting >> Tentang Telepon >> sentuh Build number hingga Anda masuk modus pengembang. Selanjutnya kembali ke menu setting >> pilihan pengembang >> USB debugging >> checklist mendebug USB.
4. Langkah selanjutnya setelah perangkat Android tersambung ke PC, lakukan start guna men-scan file atau data yang hilang dan terhapus. Akan muncul dialog untuk meminta izin software melakukan pencarian data di perangkat, klik ‘Allow’ pada perangkat Android Anda lalu pilih start.
5. Setelah proses pencarian atau scanning data di Android selesai, hasilnya akan ditampilkan di PC Anda lalu klik ‘Recover’ untuk mengembalikan data tersebut ke perangkat Android Anda.
6. Tunggu hingga proses pengembalian selesai dan data pada perangkat Android Anda yang hilang kini telah kembali.

Nah, sekarang Anda bisa mengembalikan data yang mungkin pernah Anda hilangkan atau tidak sengaja terhapus. Setelah data Anda kembali, disarankan untuk selalu berhati-hati saat ingin menghapus file. Karena ditakutkan file tersebut nantinya tidak dapat di recovery kembali. Oke, semoga cara diatas dapat mengembalikan data Anda seperti semula.