Baterai merupakan salah satu komponen yang teramat penting bagi perangkat mobile elektronik, tak terkecuali pada laptop. Setiap baterai memiliki kapasitas daya masing – masing yang secara normal dapat menurun secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia baterai itu sendiri. Namun daya tahan baterai laptop tak semata-mata hanya dipengaruhi oleh usia, bagaimana penggunaan dan cara perawatannya pun memegang andil yang cukup besar dalam menentukan tingkat keawetan sebuah baterai laptop.

Dengan kata lain, baterai laptop dapat bertahan lama atau awet jika Anda mengetahui bagaimana tips dan trik yang benar dalam merawatnya. Merawat baterai laptop agar tetap awet sebenarnya cukup mudah. Anda hanya cukup memperhatikan dan melakukan beberapa hal berikut ini sebagai langkah perawatan baterai laptop Anda secara benar.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Baterai Laptop

Baterai Laptop

Gunakan Stabilizer atau Stavol Ketika Mencharge Laptop

Pada charger laptop sendiri sebenarnya telah ada stabilisator arus, namun tak ada salahnya jika hal ini tetap Anda lakukan. Tujuannya tentu agar arus listrik yang mengalir ke baterai tetap stabil atau tidak naik turun. Pasalnya arus yang tidak stabil dapat mempengaruhi dan menyebabkan kerusakan pada baterai laptop.

Jangan pernah Membiarkan Baterai Laptop Dalam Keadaan 0 %

Memaksakan laptop tetap hidup hingga daya baterai 0 % dapat memperpendek usia atau keawetan sebuah baterai. Usahakan selalu memperhatikan persentase daya batrei yang tersisa. Kemudian lakukan pengisian ketika daya baterai mencapai sekitar 5 % dan segera cabut ketika daya baterai telah benar – benar penuh 100%.

Gunakan Cooling Pad Untuk Menghindari Panas Berlebihan

Banyak orang menggunakan laptop mereka selama berjam – jam tanpa berhenti sehingga dapat memicu peningkatan temperature laptop. Namun sayangnya keadaan suhu yang semaikin meningkat ini tanpa disadari akan menyebabkan sistem terganggu dan baterai harus bekerja ekstra. Akibatnya baterai akan cepat rusak. Untuk itu jika memang Anda terpaksa harus menggunakan laptop dalam keadaan yang lama, usahakan untuk menggunakan cooling pad, agar peningkatan suhunya dapat sedikit dihambat.

Selain beberapa tips diatas, ada tambahan tips untuk Anda yang mungkin dapat berguna. Setidaknya istirahatkan selama 15 menit setelah pemakaian selama 3 jam. Hal agar laptop sedikit lebih dingin daripada saat pemakaian.