Setelah sebelumnya membahas Ubuntu, Windows XP dan Linux Mint, kali ini dilanjutkan dengan install XUbuntu di komputer virtual. Hampir sama seperti sebelumnya, untuk pertama kali baca artikel cara mudah install Ubuntu di Virtual Komputer. Fahami artikel tersebut dan sesuaikan dengan beberapa konfigurasi di bawah ini.

Pertama, yang harus diperhartikan adalah tipe dari disk virtua. Kali ini yang digunakan adalah Virtual Hardisk Drive yang biasa disebut VHD. Untuk tipe lain sebenarnya bisa, cuman mengenai kecepatan, beberapa sumber menyebutkan, VHD lebih cepat dibandingkan dengan yang lain.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Untuk RAM saya sarankan anda menggunakan RAM minimal 1024MB (dengan catatan RAM fisik di atas 2GB). Jika RAM fisik anda dbawah itu, ada baiknya anda mengecilkan alokasi RAM untuk XUbuntu. Jika RAM lebih dari 4GB, penggunaan RAM yang lebih besar lagi bisa menjadi solusi terbaik.

Install XUbuntu pada Virtual Hard Disk Drive

Selanjutnya, tipe physical disk menggunakan Fixed Size. Kalau yang ini pasti sudah pada tahu, karena proses akan lebih cepat dibaningkan dengan Dynamically Allocated. Jika ingin test sendiri kebenarannya, coba anda buat dua virtual disk, satu fixed dan satu lagi dynamic, lalu bandingkan.

Fixed Size disk pada XUbuntu

Untuk ukuran disk drive, (sesuai dengan saran/arahan installer) gunakan minimum 5GB agar proses install berjalan lebih lancar dan maksimal. Terakhir, lanjutkan dengan klik tombol Create untuk memulai membuat hardisk virtual. Tunggu sampa semua proses selesai.

Langkah selanjutnya, anda diminta untuk memilih mana CD/DVD yang anda gunakan untuk install. Pilihlah disk yang berisi file ISO installer dari OS XUbuntu. Jika ana belum tahu bagaimana cara menambahkan fide ISO ke virtual disk, baca artikel ini, cara membuat CD/DVD virtual di Windows.

ISO XUbuntu

Untuk XUbuntunya sendiri anda bisa download di website resmi XUbuntu di siniĀ http://xubuntu.org/getxubuntu/ atau beberapa mirror lain yang tertera di halaman tersebut. Pilih lokasi server yang paling dekat dengan ISP anda untuk mempercepat proses transfer.

Memilih XBuntu CD

Terakhir, ikuti proses install XUbuntu pada Virtual Komputer sampai selesai. Jangan ragu untuk bereksplorasi dengan custom install karena tidak akan berefek dengan komputer utama yang anda gunakan. Bisa dikatakan, hanya 0,01% resiko yang anda tanggung ketika salah salam proses install di Virtual PC.