Cctv adalah kepanjangan dari Clsoed-Circuit television Camera. Ini digunakan untuk merekam dan menonton seluruh aktivitas dirumah Anda, toko, kampus atau sebuah organisasi. Beberapa kamera CCTV relative mahal. Tapi kali ini penulis akan memberikan tips sebuah cara yang akan membantu Anda untuk menggunakan smartphone sebagai kamera CCTV.

Menggunakan Ponsel Sebagai Kamera CCTV

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Trik ini bisa dijalankan di Android. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini dengan benar :

Hal yang diperlukan :

– Ponsel Android

– Komputer atau Laptop

– Router wifi atau satu ponsel lagi untuk mengaktifkan hotspot Wifi

1.  Download aplikasi IP WEBCAM di ponsel Android Anda.

2. Sekarang jalankan aplikasi IP WEBCM SERVER di ponsel Anda. Itu akan membuka kamera di ponsel Anda serta menampilkan IP Adress yang ditetapkan ke ponsel Anda dengan Wifi Router (Contoh : http://192.168.1.101:8080)

3. Bukan browser di komputer dan ketikkan alamat IP tersebut di address bar. Penulis sarankan Chrome karena itu memiliki flash player bawaan yang akan membantu Anda untuk men-stream video, yang direkam oleh ponsel Anda.

4. Mohon dicatat bahwal laptop atau komputer dan juga ponsel harus terhubung di jaringan Wifi yang sama.

5. Jika Anda tidak memiliki router Wifi modem, maka gunakan pnsel teman Anda untuk membuat hotspot wifi dan hubungkan layaknya Bluetooth.

6. Satu hal lagi, Anda tidak perlu akses internet. Gunakan wifi seperti halnya blutooth tidak perlu akses internet, ini sebagai pengganti jaringan LAN

Silahkan dicoba !