Samsung Galaxy Asli dan Palsu

Samsung Galaxy Asli dan Palsu

Dengan populernya salah satu smartphone dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy S4, membuat banyak oknum berbuat nakal untuk mendapatkan keuntungan. Salah satunya adalah membuat tiruan yang sangat persis seperti Galaxy S4 untuk dijual kembali. Dipasaran biasanya Galaxy S4 tiruan ini dinamai “supercopy”.

Memang jika dilihat sekilas antara Samsung Galaxy S4 asli dengan supercopy sangat mirip dan tidak ada perbedaan. Namun ada beberapa cara untuk membedakan keduanya. Nah, simak caranya dibawah ini.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1. Harga Versi Asli dan Supercopy

Bukan rahasia umum lagi jika smartphone tiruan memiliki harga yang jauh lebih murah daripada aslinya. Biasanya Galaxy S4 supercopy ini dibanderol 2 atau 3 juta lebih murah dari aslinya. Oleh karena itu, diharap waspada bagi Anda yang berniat membeli gadget satu ini. Sebaiknya beli di gerai Samsung resmi untuk menghindari penipuan.

2. Perbedaan Fisik

Ada cukup banyak perbedaan dari sisi fisik yang asli dengan supercopy. Yang pertama adalah masalah dus yang digunakannya. Untuk yang asli, Samsung menggunakan kardus daur ulang untuk mengemasnya yang memiliki serat kertas tidak kasar. Sedangkan yang supercopy memiliki kertas yang kasar. Selain itu, warna dari kardusnya yang asli menggunakan coklat muda, dan yang palsu menggunakan coklat lebih tua.

Selain itu, di sisi fisik ponsel juga terdapat perbedaan yang cukup mencolok jika diperhatikan seksama. Letak tombol menu Galaxy S4 yang asli lebih dekat dengan layar. Sedangkan yang palsu lebih jauh dari layar ponselnya.

Perbedaan Tombol

Perbedaan Tombol

Pada bagian atas, stiker Samsung juga terdapat perbedaan. Untuk yang asli memiliki tekstur yang lebih halus dan cenderung tidak timbul. Sedangkan untuk yang supercopy lebih kasar dan timbul.

3. Software

Di sisi aplikasi, Samsung tidak pernah menyematkan aplikasi built in pada smartphonenya. Namun di Samsung Galaxy S4 “supercopy”, biasanya langsung ada aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, dan Twitter. Nah, selain itu, fitur air gesture yang ada pada Galaxy S4 juga berbeda. Untuk yang asli tentu jaraknya lebih panjang, yaitu sekitar 0-10cm. Sedangkan yang palsu hanya mencapai 0-3 cm saja.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Antutu Benchmark untuk testing smartphone Anda, apakah asli atau palsu? Selain itu, ada cara mudah juga yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan Samsung Kies. Dengan aplikasi ini Anda bisa mendeteksi Galaxy S4 asli atau palsu.