Perlu meningkatkan speed koneksi internet Anda? Ada begitu banyak tips diluar sana yang memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kinerja system Anda dan juga,  ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk men-tweak internet untuk meningkatkan kecepatannya. Sangat banyak, namun dalam artikel ini hanya akan dibahas dua tweak sederhana yang bisa berguna.

cara mempercepat internet

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

 

Tweak 1: Un-reserving bandwidth

Secara default, Windows memesan 20% bandwidth untuk penggunaanya sendiri. Ini sangat penting untuk dibatalkan. Untuk melakukannya, Anda tidak memerlukan software tambahan apapun, cukupikuti intstruksi dibawah ini.

1. Akses Group Policy Editor. Ini bisa dilakukan dengan mengetik gpedit.msc pada kotak Run (Start, kemudian Run).

2. Arahkan ke Computer Configuration/Administrative Templates/Network/QOS Packet Scheduler menggunakan panel di sisi kiri.

3. Di panel kiri, harus ada setting dengan nama Limit reservable bandwidth, kemudian klik kanan ini dan pilih properties.

4. Sekarang, mungkin terlihat anek, karena pilihan yang terpilih adalah “Not configured” tapi Windows secara default akan mengambil 20% dari bandwidth. Jadi, triknya adalah dengan mengaturnya menjadi 0%. Anda bisa melakukannya dengan mengklik “enabled” dan kemudian mengatur “Bandwidth Limit% ke 0.

5. Lalu klik OK dan tutup Group Policty Editor

Itu saja ! Ada telah selesai melakukan tweak pertama.Selanjutnya ke tweak yang ke dua.

Tweak 2: Optimizing TCP/IP settings

Tweak selanjutnya akan memerlukan sepasang freeware bernama SG TCP Optimizer. Utilitas kecil nan bagus ini akan mengoptimisasi cara PC anda mengirim dan menerima paket data, yang mana menghasilkan kecepatan internet yang lebih stabil. Meskipun alat ini paling efektif untuk koneksi broadband, ini juga bekerja di hamper semuah tipe koneksi.

1. Download SG TCP Optimizer. Anda tidak perlu menginstallnya, cukup double klik dan jalankan.

2. Interface dari tool ini terkesan rumit, tapi kita tidak akan menyentuh sebagian besar dari itu. Dibawah tab General Setting, drag slider untuk menyesuaikan speed download koneksi Anda. Kemudian dibawah jendela yang sama, pilih tombol radio “Optimal Settings” dan klik “Apply Changes”.

3. Akan muncul jendela kecil baru, pastikan untuk mencentang kotak “Backup”

4. Sekarang saatnya untuk me-reboot komputer Anda, untuk menerapkan perubahan. Anda akan diminta untuk melakukannya.

5. Setelah system anda di-reboot, coba jelajahi web untuk beberapa saat. Jika untuk satu alas an Anda merasa koneksi Anda telah terkana dampak negative, maka jangan tkaut, untuk perubahan yang Anda buat dapat dibatalkan. Jalankan SG TCP Optimizer, klik File dan pilih “restore backed up settings”. Ini akan memunculkan sebuah kotak dialog dimana Anda dapat menavigasikan ke tempat Anda mendownload program. Disana, Anda akan menemukan sebuah file dengan ekstensi .spg dengan nama file mengandung tanggal. Klik OK dan reboot. Setting original sekarang telah dikembalikan.

Untuk yang masih bingung,  lebih jelasnya ikuti panduan dari tutorial video

http://www.youtube.com/watch?v=ES8z6KHYERY

Semoga berguna !