Sering terjadi ketika Anda menggunakan Internet dan tiba-tiba Anda mendapatkan pesan error “page not found”, dan itu mulai terjadi dengan setiap website yang Anda buka. Hal pertama yang Anda akan lakukan adalah bahwa Anda akan memeriksa router dan perangkat jaringan lainnya. Jika mereka bekerja dengan benar dan Anda masih mendapatkan error yang sama, maka mungkin masalahnya adalah dengan alamat IP Anda.

Bagaimana memperbarui Alamat IP pribadi Anda

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

 

Dynamic host control protocol (DHCP) bertanggung jawab untuk memberikan alamat IP untuk semua perangkat dalam jaringan. Hal ini tidak mungkin untuk menetapkan alamat IP yang berbeda untuk setiap mesin komputer di dunia. Jadi solusinya adalah dengan menggunakan alamat IP pribadi di dalam sebuah jaringan. Kadang-kadang ketika Anda mendapatkan konflik di alamat IP pribadi, Anda tidak dapat browsing internet. Untuk ini, Anda harus memperbarui alamat IP pribadi komputer Anda dari alamat IP yang tersedia. Berikut ini panduan langkah demi langkah yang akan membantu Anda untuk memperbaharui alamat IP Anda.

Instruksi

1. Pergi ke start menu Windows, kemudian klik pada “RUN” (bisa dengan menekan windows+R). Ini akan membuka jendela kecil dengan field teks.

2. Tulis “cmd” tanpa tanda kutip di jendela command dan tekan enter. Sekarang Anda akan melihat jendela command prompt.

3. Untuk mendapatkan alamat IP yang baru, Anda harus melepaskan IP sebelumnya yang diberikan ke komputer Anda.

Untuk ini Anda perlu menulis “ipconfig/release” di jendela command prompt Anda tanpa tanda kutip. Ini akan merilis alamat IP lama.

4. Sekarang untuk menetapkan alamat IP baru ke mesin komputer anda, ketik “ipconfig/renew” pada jendela command prompt Anda tanpa tanda kutip dan tekan enter.

Ini akan menetapkan satu set baru alamat IP untuk Komputer Anda. Dan komputer Anda akan mendapatkan alamat IP pribadi lengkap yang baru. Sekarang Anda akan dapat seperti biasanya browsing internet.

Semoga berguna !