Karena pada artikel sebelumnya (yang membahas tentang Install Ubuntu, Windows XP dan Linux Mint di Virtual PC) banyak yang masih bingung bagaimana cara membuat sebuah CD/DVD virtual dari file image (dalam hal ini ISO, IMG, BIN dan ekstensi image yang lain) maka pada artikel ini penulis jelaskan lagi bagaimana cara membuat file image agar bisa diakes layaknya sebuah CD/DVD Rom yang didalamnya ada keping CD/DVD.

  • Pertama kalinya, yang harus dilakukan adalah download aplikasi Virtual CloneDrive di siniĀ http://www.slysoft.com/en/download.html (Yang paling bawah).
    Virtual Clone Drive Download
  • Setelah proses download selesai, lanjutkan dengan install aplikasi tersebut sampai selesai. Pastikan anda memberikan izin agar software menginstall driver dari virtual CD/DVD (butuh akes administrator).
    Install Virtual Clone Drive
  • Setelah proses install selesai, silahkan pergi ke folder di mana anda menyimpan file ISO. Kemudian klik kanan file ISO tersebut dan pilih Mount (Virtual CloneDrive G:), dengan asumsi pada contoh adalah drive G.
    Mount Virtual Clone

Selesai sudah, sekarang anda mempunyai CD/DVD baru yang berisi dari file ISO yang anda Mount. Jika ingin mengganti CD/DVD virtual tersebut dengan file ISO yang lain, cukup pergi ke file laiinya dan lakukan langkah yang sama. Secara otomatis, file ISO sebelumnya akan tergantikan dengan file ISO yang baru saja anda mount.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Cukup mudah bukan?