Dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana mengekspor email dari Gmail. Gmail menawarkan tiga cara untuk mengekspor email: forwarding, POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Pilihan ini tersedia dalam pengaturan menu dalam akun Gmail Anda.

Bagaimana Cara Ekspor Email dari Gmail

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

 

Pilihan Forwarding memungkinkan Anda untuk meneruskan email dari account Gmail ke alamat email lain. Sedangkan dengan POP, salinan email yang dibuat saat menghapus aslinya dari server, dan email ini kemudian didownload ke komputer Anda (atau mesin yang sedang Anda gunakan untuk melihat akun Gmail Anda). Sekarang email ini tidak lagi dapat diakses pada webmail tersebut.

Dengan IMAP, user mengalami cara yang lebih baik mengekspor email karena email tidak terhapus saat mengekspor mereka ke klien email. Juga menggunakan IMAP sync, email ini akan ditandai sebagai ‘dibaca’ dalam account Gmail jika Anda telah membaca mereka melalui klien email. IMAP lebih kuat yang mengapa lebih disukai daripada POP.

Dalam rangka untuk mengekspor semua email Anda harus mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

1. Pertama-tama Anda harus Login ke account Gmail Anda untuk mengekspor semua email Anda.

2. Setelah Anda login, klik menu Gear di kanan atas pojok halaman.

Ketika Anda mengklik opsi pengaturan dalam menu geari, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan.

3. Pada halaman pengaturan akan ada sejumlah pilihan pada menu bar horisontal. Sekarang klik pada ” forwarding and POP/IMAP” dari tab tersebut.

4. Forwarding:

Jika Anda ingin meneruskan (forward) email Gmail Anda ke akun email lain, maka Anda akan memilih opsi forwarding.

Pilih Add new email address dan ketik alamat email yang Anda ingin mengirim email Gmail Anda  dan kemudian klik next. Sistem ini pertama akan mengkonfirmasi alamat forwarding dan jika benar maka Anda akan diizinkan untuk melanjutkan sehingga pada saat itu klik tombol Continue.

Sekarang Anda selesai mengkonfigurasi dengan meneruskan /memforward email ke akun lain, pergi ke account email di mana Anda telah diarahkan email Gmail. Di sini Anda akan menemukan email verifikasi yang dikirim oleh tim Gmail sebagai tanggapan terhadap konfigurasi yang baru saja dibuat. Sekarang klik pada link di dalam email ini.

 

Sekarang di account Gmail Anda klik opsi Forward a copy of incoming email to’ dan juga pilih email yang baru saja Anda mengetik untuk mengirim email ke.

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk mengirim salinan atau Anda dapat mengirim email-email ke Trash. Anda sekarang selesai dengan langkah forwarding email Gmail Anda ke account email yang lain. Klik untuk menyimpan perubahan.

CATATAN: Hanya email yang Anda terima akan diekspor dengan opsi forwarding.

5. POP (Post Office Protocol):

Pilihan lain adalah POP / IMAP. Seperti yang dinyatakan sebelumnya dengan POP, email akan di-download ke mesin dan tidak akan lagi dapat diakses melalui webmails.

Dalam kasus IMAP, email yang disediakan di server, dapat diakses dari komputer manapun.

Tapi pertama-tama kita akan melihat bagaimana untuk mengekspor email menggunakan opsi POP. Klik opsi ” Enable POP for all mail” atau ” Enable POP for mail that arrives from now on”, tergantung pada kebutuhan Anda. Pilih opsi kedua dari menu drop down. Sekali lagi, tergantung pada kebutuhan Anda, pilih opsi ketiga dengan nama ” when messages are accessed with POP” dari menu drop down.

Sekarang simpan perubahan dan konfigurasikan klien POP Anda. Jika Anda menghadapi masalah apapun atau tidak tahu cara mengkonfigurasinya cukup pergi ke link ” Configuring Instructions” tepat di bawah pilihan ketiga.

CATATAN: Hanya email yang sudah dikirim akan diekspor dengan opsi POP.

6. IMAP (Internet Message Access Protocol):

Untuk mengekspor email menggunakan IMAP, Anda harus mengaktifkan status IMAP dengan memilih opsi Enable IMAP.

Setelah mengkonfigurasi pengaturan untuk akses IMAP sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemudian klik opsi Save changes.

Sekarang Anda telah mengkonfigurasi akses IMAP, kemudian konfigurasikan klien email IMAP.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengkonfigurasi klien email IMAP untuk mengikuti link ke configuring instructions yang diberikan di bawahnya.