Meningkatkan memori adalah cara yang paling hemat biaya untuk meningkatkan kinerja PC yang lamban. Ini, bagaimanapun, mengharuskan Anda untuk meningkatkan RAM (random access memory) pada PC Anda. Proses untuk menginstal RAM baru pada PC hampir tidak rumit, meskipun ada beberapa hal yang Anda perlu berhati-hati.

Cara Meningkatkan Memori pada PC

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

 

Instruksi

1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis modul RAM yang kompatibel dengan PC Anda. Konsultasikan manual yang datang dengan motherboard PC Anda untuk mempelajari modul RAM yang Anda butuhkan dan bagaimana mereka harus dipasang. Ada beberapa modul RAM yang tersedia di pasar, yaitu DDR, DDR2 dan DDR3. manual motherboard akan membantu Anda memutuskan yang mana dari tiga modul yang Anda akan beli. Hal ini juga penting untuk diingat bahwa PC baru biasanya menggunakan memori dual-channel, yang berarti bahwa Anda akan harus memasang dua bukan satu modul RAM baru. Sekali lagi, konsultasikan manual untuk mengetahui apakah PC Anda menggunakan memori dual-channel.

2. Begitu Anda telah menentukan RAM yang terbaik untuk PC Anda, kunjungi toko komputer dan melakukan pembelian. Belilah dua, bukan satu modul RAM jika PC Anda menggunakan memori dual-channel. Pastikan untuk meminta toko-penjaga akan garansi karena Anda mungkin ingin mereka dipertukarkan jika RAM rusak.

3. Setelah Anda memiliki modul RAM, sekarang saatnya untuk memasangnya pada PC Anda. Matikan komputer dan cabut dari soket.

4. Hati-hati melepas penutup sisi CPU (central processing unit). Anda mungkin perlu menggunakan obeng untuk tujuan melepas penutup ini. Beberapa casing PC dapat dengan mudah dilepaskan.

5. Setelah penutup dilepas, cari slot RAM pada motherboard. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan mereka, gunakan manual yang datang dengan motherboard untuk membantu Anda menemukannya.

6. Jika ada slot kosong, hati-hati memasukkan modul ke slot. Karenai modul berlekuk, itu hanya akan cocok ke dalam slot dalam satu arah. Jika tidak masuk ke dalam slot, jangan gunakan tenaga untuk mendorongnya karena akan merusak baik RAM dan slot. Setelah RAM dimasukkan ke dalam slot, itu di tempatnya dengan klip plastik atau logam retensi. Jika mereka tidak ada slot memori, lepaskan RAM yang sudah terpasang dengan mencongkel terpisah klip penahan dan memasukkan RAM baru sebagai gantinya. Ingatlah untuk memasukkan RAM kedua juga jika PC Anda menggunakan memori dual-channel.

7. Pasang penutup samping CPU kembali. Sekarang pasang steker kembali soket dan daya pada PC. Sistem Anda akan secara otomatis mengenali RAM yang  baru diinstal.