Laptop merupakan sebuah perangkat yang tidak asing lagi dalam kehidupan banyak orang. Perangkat yang satu ini memiliki peran dan manfaat yang sangat besar dalam membantu melakukan proses pekerjaan. Perangkat yang terdiri dari perangkat keras dan lunak ini seakan telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari setiap penggunanya.

Pada setiap laptop setiap komponen yang menyusunnya harus dirawat dan diperhatikan dengan baik agar laptop tetap awet. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah keyboard. Bagian yang merupakan alat input utama pada sebuah laptop ini seringkali kotor oleh debu, sisa makanan, atau zat lainnya, sehingga membuat tampilannya tak menarik dan secara tidak langsung akan membuat kinerjanya tidak maksimal. Bahkan jika terus dibiarkan dalam keadaan kotor dan debu semakin bertambah tidak menutup kemungkinan debu – debu ini akan menumpuk dibawah tombol – tombol keyboard dan lambat laun dapat merusak fungsi keyboard.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Membersihkan Keyboard Laptop

Keyboard Laptop

Pada beberapa produk mungkin telah disertai petunjuk pembersihan keyboard oleh perusahaan pembuatnya, namun bagi Anda yang tidak memiliki pedoman atau petunjuk tersebut, Anda tak perlu bingung. Kami akan membantu Anda dengan menyampaikan sebuah tisp sederhana membersihkan keyboard laptop secara aman. Berikut tips selengkapnya:

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa laptop tidak sedang terhubung dengan aliran listrik. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan selama proses pembersihan.

2. Gunakan sebual blower udara atau sebuah kompresor bertekanan rendah untuk membersihkan partikel debu yang berada di antara atau dibawah tombol keyboard. Dalam melakukan hal ini usahakan semua kotoran dapat dicapai, sehingga akan lebih baik jika proses penyemprotan dilakukan dari berbagai sudut.

3. Selanjutnya, untuk membersihkan noda yang sudah membandel, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus yang dapat Anda dapatkan dengan mudah ditoko penyedia perlengkapan computer. Caranya tuang sedikit cairan ke permukaan kain halus, kemudian usapkan secara perlahan pada bagian yang ingin dibersihkan.

4. Proses pembersihan keyboard telah selesai, Anda dapat menggunakan kembali laptop Anda dengan keyboard yang lebih bersih sehingga pasti akan lebih nyaman digunakan.

Demikian beberapa tips sederhana membersihkan keyboard laptop secara aman yang dapat Anda lakukan dengan mudah dirumah. Meskipun tips ini sangat sederhana namun semoga dapat bermanfaat bagi Anda pengguna laptop.