Istilah Overclock tentunya sudah bukan barang asing lagi bagi Anda yang senang dan sering berinteraksi dengan perangkat computer. Overclock merupakan sebuah istilah yang berarti memaksa kinerja prosessor untuk dapat bekerja pada batas maximumnya. Apabila perangkat telah mengalami Overclock maka pengguna wajib berhati – hati dalam melakukan overclocking, karena jika tidak berhati – hati dapat menyebabkan kerusakan pada device.

Berbagai pertanyaan bermunculan berkenaan dengan Overclock ini, antara lain adalah apakah Overclock aman untuk perangkat? Masalah aman atau tidaknya overclock ini bergantung pada perlakuan pengguna terhadap prosesor perangkat, seperti bagaimana mengatur overclocknya itu sendiri. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui titik maksimum kemampuan prosesor dalam bekerja, kemudian setelah itu Anda dapat memerkirakan seberapa besar pemaksaan atau batas maksimal pemaksaan yang dapat dilakukan pada prosesor tersebut.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Overclock pada Perangkat Android

Ilustrasi : Overclock

Dengan demikian Anda dapat melakukan overclock dengan batasan aman sehingga akan membuat perangkat tetap aman, meskipun tak menutup kemungkinan akan adanya dampak negative dalam jangka panjang. Sebaliknya jika Anda tidak mengetahui batasan – batasan tersebut dan memaksakan prosesor bekarja secara berlebihan maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hardwarenya. Oleh sebab itu sekali lagi aman dan tidaknya overclock ditentukan sendiri oleh yang melakukan.

Pertanyaan selanjutnya, yang sering muncul adalah mampukah perangkat Android melakukan overclock? Android sendiri memilki sifat open source sehingga memungkinkan para pengembang atau developer untuk melakukan inovasi dan pengembangan aplikasi yang mendukung berbagai layanan, termasuk overclock ini. Jadi untuk saat ini overclock dapat diberlakukan untuk perangkat Android.

Bagaimana caranya? berikut kami berikan sedikit tips cara melakukan overclocking pada perangkat Android.
1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah terlebih dahulu melakukan root pada perangkat Android Anda.
2. Setelah melakukan rooting, Anda dapat mengunduh aplikasi SETCPU v2.2.4 yang dapat dengan mudah didownload di Google Play Store.
3. Selanjutnya install SETCPU v2.2.4 pada perangkat Anda.
4. Setelah di install, ubahlah mode SETCPU menjadi Ondemand
5. Lanjutkan dengan klik Enable, kemudian atur beberapa hal yang terkait sesuai kebutuhan seperti batas batrei dan temperature maksimum perangkat ketika overclock.