Mungkin bisa dikatakan bahwa sekarang ini flashdisk sudah menjadi kebutuhan untuk kebanyakan orang apalagi pelajar. Media penyimpanan yang satu ini memang sangat praktis namun sangat berguna untuk berbagai keperluan menyimpan maupun memindah data dari perangkat komputer. Berikut ini adalah beberapa faktor yang patut anda pertimbangkan sebelum membeli flashdisk.

Flash Disk Berkualitas

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1) Kecepatan Transfer

Hal yang paling penting untuk anda perhatikan sebelum anda membeli flashdisk tentu saja performanya. Flashdisk dengan kecepatan yang baik tentu saja harus menjadi prioritas. Jangan sampai anda dibuat menyesal dengan lemotnya performa flashdisk. Kecepatan membaca dan menulis data pada setiap flashdisk tentu saja berbeda-beda. Maka dari itu ada baiknya jika anda mencari tahu terlebih dahulu tentang informasi tentang kecepatan membaca dan menulis sebuah flashdisk sebelum anda membelinya.

2) Kapasitas Penyimpanan

Flashdisk merupakan media penyimpanan data (device storage) yang kapasitasnya tidak terlalu besar karena mungkin disesusaikan dengan bentuknya yang cenderung kecil agar bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Terdapat berbagai macam flashdisk dengan yang tentunya dengan kapasitas yang beragam. Dari jaman ke jaman kapasitas flashdisk yang beredar mulai meningkat dari dahulu yang hanya ratusan Megabyte hingga sekarang sudaha ada yang mencapai ratusan Gigabyte.

Namun mengingat fungsinya sebagai media penyimanan sementara ada baiknya jika anda memilih kapasaitas flashdisk yang sedang-sedang saja sesuai dengan kebutuhan. Flashdisk berukuran 4 Gb atau 8 Gb saya rasa sudah cukup. Namun diantara keduanya, saya sarankan anda untuk lebih memilih Flashdisk dengan kapasitas 8 Gb mengingat margin harga diantara kedua Flashdisk tersebut relatif cukup kecil, hanya berkisar anatara 10 ribu sampai 15 ribu rupiah.

Flash Disk Rusak

3) Merk Flash Disk

Beragam flashdisk dengan berbagai merk beredar luas dipasaran seiring dengan meningkatnya popularitas media penyimpanan yang terbilang relatif keci ini. Banyaknya merk yang tersedia tentu saja sangat menguntungkan karena biasanya terjadi persaingan harga yang kompetitif. Namun jangan sampai anda terlena dengan flashdisk abal-abal yang menawarkan kapasitas penyimpanan besar dengan harga yang miring karena biasanya kualitasnya sangat buruk dan cepat rusak.

Pilihlah flashdisk dengan kualitas yang terpercaya dan juga pilihlah flashdisk yang memberikan garansi lifetime (seumur hidup) sehingga jika suatu saat terjadi kerusakan maka anda bisa dengan mudah mendapatkan layanan servisnya.

4) Keaslian

Ditengah beragamnya merk dan berbagai macam bentuk flashdisk yang sekarang sangat mudah kita jumpai di took-toko kompurter dan aksesorisnya, flashdisk palsu merupakan ancaman yang harus hindari. Flashdisk dengan merk yang sudah terkenal dan memiliki reputasi bagus rentan menjadi korban pemalsuan. Flashdisk imitasi ini dibuat sangat mirip dengan produk aslinya sehingga orang- orang awam biasanya sangat kesulitan untuk membedakan. Untuk itu, ada baiknya jika anda membeli flashdisk di toko-toko yang sudah terpercaya dan jangan segan-segan untuk menanyakan jaminan keaslian flashdisk yang akan anda beli. Jangan mudah tergiur dengan tawaran akan suatu flashdisk merk tertentu yang jauh dibawah harga rata-rata. Besar kemungkinan flashdisk tersebut adalah flashdisk aspal.

5) Bentuk dan Bahan

Salah satu kelebihan dari media penyimpanan ini adalah sangat praktis karena mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga kerap membuat flashdisk terjatuh. Flashdisk dari bahan karet tentu saja relatif lebih aman jika flashdisk terjatuh meskipun harganya agak lebih mahal. Selain itu dari segi bentuk, ada baiknya jika anda lebih memilih flashdisk dengan desain slide atau tanpa tutup. Betuknya yang kecil kadang-kadang membuat anda kesulitan jika anda kehilangan tutupnya meskipun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap performanya.

Semoga dengan tips sederhana ini anda bisa memilih dan menentukan mana yang Flash Disk terbaik yang bisa anda beli dan gunakan ketika bekerja dengan komputer. Jika anda punya penalaman lain seputar pemilihan Flash Disk, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan kami dengan meninggalkan komentar di bawah ini.