Sebagai pengguna smartphone, pastilah paham bahwa salah satu komponen terpenting dalam sebuah perangkat pintar adalah baterai. baterai ini menjadi satu – satunya sumber energy untuk menopang keberlangsungan aktivitas sebuah smartphone. Pada kebanyakan perangkat jenis smartphone menggunakan baterai berjenis Li-Ion atau Li-Polimer yang pada umumnya memiliki batas waktu pemakaian tertentu.

Namun yang sering kita jumpai dalam keseharian penggunaannya, pengguna terkadang kurang memperhatikan daya atau kekuatan yang dimiliki si bantrei. Pengguna hanya asik mengoperasikan perangkatnya sampai tanpa sadar daya dalam baterai habis.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Baterai Smartphone

Ilustrasi : Baterai Smartphone

Sebagai pengguna smartphone yang baik hendaknya Anda bisa lebih memperhatikan setiap komponen yang ada pada perangkat Anda, tak terkecuali baterai. Setiap baterai pasti memiliki masa tahan tertentu, artinya tak selamanya baterai tersebut layak untuk digunakan. Pada beberapa kasus, kondisi baterai yang sudah uzur dapat mempengaruhi kenyamanan dalam memainkan perangkat. Oleh sebab itu ada waktunya ketika baterai dalam smartphone Anda harus diganti atau diperbaharui.

Lantas kapan sebuah baterai harus diganti? Berikut kami berikan beberapa ciri baterai smartphone yang harus diganti.

• Waktu Charge Singkat

Apabila Anda menemui hal seperti ini, artinya daya tampung baterai Anda telah berkurang, sehingga ketika diisi sebentar saja sudah langsung penuh. Akibatnya daya baterai akan cepat habis karena energy yang ditampung juga cuma sedikit.

• Daya Baterai Cepat Habis

Kebanyakan smartphone saat ini telah mampu mendukung penginstalan berbagai aplikasi yang canggih dan menarik. Namun tanpa disadari ada beberapa aplikasi yang dapat memakan banyak daya baterai karena terus menerus aktif. Hal ini secara tidak langsung akan membuat baterai terganggu dan mudah drop atau kehabisan daya.

• Sering Terasa Panas

Baterai yang sudah tidak dalam kondisi normal biasanya akan terasa panas ketika smartphone dimainkan dalam waktu yang agak lama, sehingga untuk mengantisipasi masalah yang lebih parah sebaiknya baterai tersebut segera diganti.

• Baterai Menggelembung atau Mengeluarkan Suatu Cairan

Hal seperti ini umumnya dikarenakan oleh bocornya sel dalam baterai yang diakibatkan tak mampu menampung daya lagi. Masalah ini merupakan salah satu masalah yang tergolong parah yang mengakibatkan baterai drop. Salah satunya cara agar perangkat dapat kembali bekerja secara normal adalah dengan mengganti baterainya.