Kalau sebelumnya penulis membahas bagaimana cara install Ubuntu dan Windows XP di Virtual PC, sekarang yang dibahas adalah bagaimana cara install Linux Mint di komputer virtual seperti pada penjelasan sebelumnya. LinuxMint sendiri adalah salah satu dari beberapa distro Linux yang mengedepankan sisi grafis dibanding yang lain. Linux Mint dibangun dan dikembangkan merujuk dua varian Linux lainnya yaitu Ubuntu dan Debian.

Linux Mint

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Kembali ke topik awal. Berikut ini step by step bagaimana cara install Linux Mint di Virtual PC yang berada di dalam system Windows:

  • Pertama, ikuti petunjuk lengkap bagaimana cara install dan membuat satu system virtual system dengan membaca artikel cara install Ubuntu di VirtualBox.
    Linux Mint Virtual PC
  • Untuk settingan RAM,  penulis sarankan minimal menggunakan 1024MB RAM agar proses install berjalan lebih cepat. Jika memory fisik anda cukup besar (misal di atas 4GB), mungkin anda bisa memberikan yang lebih besar lagi.
    Konfigurasi RAM pada Linux Virtual PC
  • Untuk setting dari hardisk virtual, anda bisa menggunakan VirtualBox Disk Image (VDI).
    VirtualBox Disk Image Linux Mint
  • Untuk pilihan disk, ada dua pilihan. Anda bisa memilih Dynamically allocated atau Fixed size, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Pada contoh ini penulis menggunakan Fixed size. Untuk kapasitas disk, sebaiknya anda menggunakan minimal 3GB untuk Linux Mint agar berjalan maksimal.
    Fixed Size Linux Mint
  • Sesudah anda membuat satu system, jangan running terlebih dahulu, lakukan setting dan aktifkan Extended Features Enable PAE/NX. Ini adalah bagian terpenting karena kernel dari Linux membutuhkan pilihan ini. Untuk praktek ini saya menggunakan notebook HP G4-1003TU.
    Enable PAE Processor Linux Mint
  • Untuk setting lainnya, biarkan default saja karena sudah tidak perlu di rubah lagi.
  • Jika menginginkan proses install dengan lebih cepat, jangan lupa untuk tidak mengaktifkan “load internet/network” pada saat install sehingga installer tidak akan secara otomatis download update software.

Kalau konfigurasi sudah anda setting semua, sekarang waktunya proses install. Klik Start untuk memulai proses install. Jangan lupa pastikan untuk memilih source CD/DVD dari Linux Mint yang sudah anda siapkan sebelumnya. Untuk CD/DVD, anda juga bisa menggunakan virtual Image Disk yang juga sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnnya.

Pilih CD DVD Rom Booting Linux Mint

Untuk proses selanjutnya, silahkan ikuti proses install seperti biasa, seperti ketika install Linux Mint pada komputer konvensional.

Proses Install Linux Mint

Jika anda punya pengalaman seputar install Linux Mint, terutama proses install di VirtualBox, jangan ragu untuk share dengan kami dengan meninggalkan komentar di bawah ini.