Banyak kali terjadi dimana Anda ingin menelusuri melalui website yang berbeda di internet dan tidak ingin orang lain untuk melacak aktivitas internet Anda. Itulah alasan mengapa kebanyakan web browser telah tersedia dengan pilihan “Private Browsing” . Anda hanya perlu mengaktifkan opsi ini dan semua aktivitas Anda akan disembunyikan dari orang lain.

Cara Menjaga Privasi Aktivitas Internet

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

 

Fitur ini sangat berguna terutama ketika Anda bekerja pada komputer publik dan tidak ingin pengguna lain tahu tentang apa saja situs yang Anda kunjungi. Artikel ini akan berbicara tentang bagaimana menggunakan fitur ini pada Mozilla Firefox dan Google Chrome.

INSTRUKSI

1. Browsing secara private menggunakan Mozilla Firefox

Klik ganda ikon Firefox Mozilla pada desktop Anda, atau pilih ikon dari menu “Start” untuk memulai itu. Sekarang Anda perlu masuk ke menu “File” dan pilih “New private window” yang akan membuka jendela Firefox baru pada layar Anda.

Sekarang Anda akan melihat “Private Browsing” tertulis di bagian atas jendela Firefox. Sekarang Anda dapat menavigasi melalui website yang berbeda yang Anda tidak ingin dilacak oleh orang lain. Tepat setelah Anda menutup jendela “Private Browsing”, semua data yang terkait dengan halaman tertentu, seperti URL-nya (Sejarah) dan cookies, otomatis akan dihapus.

2. browsing secara private menggunakan Google Chrome

Jika Anda menggunakan Google Chrome untuk browsing situs di internet, maka Anda dapat melakukannya dengan membuka “Incognito Window” baru. Tidak seperti Mozilla Firefox, Chrome tidak memiliki nama pilihan sebagai “Private Browsing”. Namun, ¬†opsi “Incognito Window” memiliki fungsi ¬†yang sama seperti dalam “Private Browsing” di Firefox.

Untuk membuka jendela Incognito, jalankan Google Chrome dan klik ikon menu, ikon dengan tiga garis horizontal, hadir di sudut kanan atas jendela Chrome. Sekarang Anda akan melihat ” New incognito window” muncul pada baris ketiga. Klik di atasnya, dan sebuah jendela baru akan terbuka dengan orang dengan topi muncul di sudut kiri atas layar. Jika Anda tidak dapat menemukan pria dengan topi hadir di sudut kiri atas jendela, maka Anda tidak harus melanjutkan dengan browsing website apapun yang Anda ingin tetap private