Setelah melakukan beberapa kali update pada versi Jelly Bean, beberapa waktu lalu Google akhirnya meluncurkan Android terbarunya dengan nama kitkat. Kitkat membawa perubahan yang cukup signifikan dan memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan versi sebelumnya.

Android Kitkat

Android Kitkat

Berikut yang baru di Android Kitkat, dibanding dengan versi yang sebelumnya:

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1. Latar Transparent dan Ikon Menu Lebih Besar

Latar app drawer kitkat berwarna transparan dari yang sebelumnya berwarna hitam, membuat tampilan lebih cerah sehingga nampak segar. Selain itu tampilan ikon menu pada kitkat juga lebih besar dari sebelumnya.

2. Google Now

Pada android KitKat aplikasi Google Now menjadi salah satu panel pada homescreen. Sehingga dengan ini, Anda dapat mencari sesuatu lebih cepat, misal menu di sebuah restoran, diskon, dan lain sebagainya.

3. Widget Tak Terdapat di Halaman Menu Utama

Untuk membuat kesan sederhana namun dinamis, tap apps dan widget dihilangkan dari halaman menu utama. Untuk masuk ke widget pengguna cukup melakukan sentuh dan tahan pada bagian homescreen yang kosong selama beberapa detik.

4. Rotasi Layar Tak Otomatis

Berbeda dengan yang di jelley bean, rotasi layar pada kitkat tidak bisa secara otomatis, misalnya dari posisi portrait ke landscape. Hal ini nampak pada beberapa ponsel seperti Nexus 5.

5. System dan Status Bar Android KitKat

Masih tetap menggunakan mode full screen yang memungkinkan pengguna menikmati posel dengan layar penuh. Namun, berbeda dari mode full screen pada android sebelumnya, yang dapat memunculkan status bar dengan menyentuh layar. Pada Android KitKat status Bar akan dimunculkan kembali ketika Anda menyapukan jari dari atas ke bawah.

6. New Default Phone App

Pengalaman baru dalam melakukan panggilan coba diberikan KitKat disini. Android ini memberikan layanan default keypad abjad yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan dengan mengetikkan nana kontak. Dengan fitur seperti ini, pengguna didorong untuk menyimpan semua nomor ke daftar kontak google terlebih dulu. Akan tetapi, jika pengguna ingin melakukan panggilan seperti pada umumnya dengan mengetikkan nomor Anda dapat mengaturnya.

7. Layanan Caller ID By Google

KitKat kini juga dilengkapi dengan fungsi “Caller ID” by google. Layanan ini membuat pengguna dapat menemukan identitas nomor telepon pengguna lain yang telah mendaftarkannya di salah satu layanan google, semisal Google+, Gmail, dan layanan lainnya. Namun jika Anda telah mendaftarkan dan tidak ingin identitas nomor Anda diketahui pengguna lain, Anda dapat menonaktifkan layanan ini.

Caranya mudah Anda tinggal mensetingnya dengan msuk ke menu panggilan > settings > masuk ke Caller ID by Google > pilih Google Account Settings > Setelah itu hilangkan ceklis pada pilihan “ Help people who have your Phone Number find and contect whit you on Google sevices, like Hangouts and caller by Google”.