Dunia fotograpi memang sesuatu yang menarik untuk digeluti, bahkan kini menjadi bagian dari gaya hidup remaja Indonesia, baik sekadar untuk narsis maupun hobby. Dengan era perkembangan gadget yang luar biasa pesat ini, membuat penikmat fotograpi seakan dimudahkan. Bagaiman tidak? Hampir setiap gadget saat ini telah dilengkapi dengan kamera yang canggih, termasuk iPhone. Dengan demikian mereka dapat kapan saja melakukan pemotretan tanpa harus repot – repot membawa kamera digital.

Kamera iPhone

Kamera iPhone

Kamera iPhone dikenal memiliki kemampuan yang sangat bagus dan dianggap sebagai evolusi terbaik dari kamera perangkat Apple. Kualitas gambar sebagai hasil ‘jepretan’ yang memuaskan membuat iPhone dapat diAndalkan untuk perangkat fotografi mobile.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Namun, meskipun kualitas dari kamera iPhone ini sudah baik, bagi sebagian orang masih merasa belum puas, terlebih bagi mereka yang memang aktif didunia fotografi. Kualitas kamera dari iPhone ini sebenarnya dapat dimaksimalkan, hingga dapat menghasilkan foto sekelas kamera DSLR. Bagaimana caranya? Simak tips memaksimalkan kamera iPhone layaknya DSLR.

1. Download aplikasi Slow Shutter Cam

Aplikasi ini sangat membantu bagi Anda yang ingin memaksimalkan hasil jepretan. Aplikasi dapat di download di App store. Meskipun bukan aplikasi gratis, namun aplikasi sangat murah, hanya sekitar 10rb. Meskipun murah namun sangat berguna.

2. Atur titik focus dengan aplikasi Slow Shutter Cam

Anda dapat mengatur titik focus sesuai dengan kebutuhan. Dengan aplikasi ini proses zooming yang lebih baik, sehingga Anda lebih leluasa untuk menentukan titik focus.

3. Pilih Capture Mode sesuai kebutuhan

Aplikasi ini menyediakan capture Mode untuk membentu Anda dalam melakukan pemotretan. Anda tinggal men’Tap’ gambar lensa terbuka di bagian sisi kiri bawah viewfinder, kemudian akan tersedia 3 buah capture mode yang bisa dipilih, yaitu:

• Motion Blur
Mode ini membantu Anda untuk mendapatkan scane yang menarik dari objek yang bergerak. Anda dapat mengatur jeda wktu pemotretan atau mengatur secara manual untuk mendapatkan scene sesuai dengan yang diinginkan.

• Light Trail
Mode ini membantu Anda untuk dapat focus pada jejak cahaya yang bergerak. Seperti pada mode yang pertama Anda dapat mengatur lama waktu pemotretan atau mengaturnya secara manual.

• Low Light
Mode ini membantu Anda ketika Anda berada diruangan yang minimum, mode ini membuat lensa akan mencoba mendapatkan lebih banyak cahaya sehingga hasil jepretan lebih terang.

4. Edit foto

Setelah Anda selesei melkukan pengambilan gambar, Anda dapat langsung mengedit setiap detail gambar yang dihasilkan, misalnya memilih scene yang paling baik dengan menggeser – geser foto kedepan dan kebelakang, mengatur kontras, kecerahan, saturasi dan hue.

Nah, itulah beberapa tips ataupun cara agar memaksimalkan kamera iPhone agar seperti DSLR. Masih ada banyak tips yang bisa Anda maksimalkan. Selamat mencoba!