Seiring terus meningkatnya kebutuhan teknologi, tingkat adopsi terhadap perangkat mobile juga semakin meningkat. Android sebagai salah satu sistem operasi yang menjadi andalan mayoritas produsen perangkat mobile, masih menjadi raja dipasaran. Terus dikembangkannya sistem operasi ini menjadi lebih canggih menyebabkan semakin besar penggunanya di pasaran.

Dengan terus meningkatnya jumlah pengguna ini juga menjadi daya tarik bagi penjahat siber untuk melakukan kejahatan, dengan penyadapan, pencurian data pribadi atau menyisipkan program jahat pada aplikasi digital.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tips Menjaga Keamanan Ponsel Android

Ilustrasi

Dengan semakin meningkatnya fungsi ponsel, keamanan dalam melindungi perangkat tersebut dari kejahatan menjadi sebuah hal yang penting untuk diperhatikan. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan cyber, berikut beberapa Tips menjaga keamanan ponsel Android :

Mengunduh Aplikasi di Toko Resmi

Tips menjaga keamanan ponsel Android yang pertama adalah usahakan untuk tidak sembarangan dalam mendownload aplikasi, karena hal ini memungkinkan aplikasi tersebut tidak resmi dan telah disisipi program – progam jahat. Untuk itu usahakan mendownlodnya di toko – took resmi yang memiliki standard keamanan dan kredibilitas yang tinggi, misalnya google play store atau toko resmi lain yang direkomendasikan produsen.

Hindari Aplikasi Bajakan

Menghindari aplikasi bajakan merupakan langkah yang bijaksana. Selain suatu tindakan yang melanggar hak cipta, aplikasi bajakan juga memiliki potensi kejahatan siber yang tinggi. Mayoritas aplikasi bajakan yang diunduh dari sumber yang tidak jelas mengandung program – program yang merugikan pengguna.

Hindari Aplikasi Mencurigakan

Walaupun anda mengunduh aplikasi di took resmi, ada baiknya tetap selektif dan waspada dalam memilih aplikasi. Usahakan terlebih dahulu melihat nama perusahaan atau pengembang aplikasi tersebut, pastikan aplikasi yang akan anda unduh dikembangkan oleh produsen yang jelas. Selain itu, sebaiknya anda juga mencermati ulasan aplikasi yang akan diunduh, jika mencurigakan lebih baik anda tidak menggunakannya untuk menjaga keamanan perangkat anda.

Aktifkan Software Update

Pada sebagian ponsel pintar yang ada, saat ini telah di dukung dengan layanan software updates. Mengaktifkan layanan ini akan sangat membantu dalam segi keamanan. Vendor terus mendorong pembaruan software pada Android untuk meningkatkan kualitas, peforma, dan keamanan.

Gunakan Aplikasi Antivirus

Tips menjaga keamanan ponsel Android yang terakir adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Antivirus merupakan aplikasi yang bisa dikatakan wajib bagi ponsel – ponsel pintar Android. Aplikasi ini layaknya polisi keamanan yang melindungi perangkat anda dari ganguan kejahatan atau program asing. beberapa produsen seperti AVG, Symantec (Norton), BitDefender, dan TrendMicro merupakan beberapa produsen antivirus yang berpengalaman dan terpercaya.