Mungkin bagia sebagian orang, terkadang tidak mengerti apa sebenarnya fungsi pada tombol-tombol keyboard pada laptop mereka. Mereka menekannya tapi tak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Print-Screen

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Nah, salah satu tombol yang ada di keyboard ialah tombol print screen. Tombol ini berfungsi untuk mengambil screenshot dari apapun yang tampil pada komputer Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari tahu bagaimana cara mengambil gambar dari seluruh tampilan layar Anda, Anda bisa menggunakan tombol ini. Biasanya terletak disebelah tombol scroll lock pada keyboard umumnya.  Tetapi ini bisa berbeda untuk tiap keyboard.

INSTRUKSI

1. Hal pertama anda harus tahu bagaimana tombol sprint screen ini bekerja, Anda harus memiliki aplikasi minimal MS Paint untuk menyimpan screen shot. Ini karena, tombol print screen tidak menyimpan gambar yang diambil, tetapi anda harus mem-paste kannya di sebuah aplikasi untuk bisa melihat apa yang tertangkap dan  kemudian menyimpannya.

2. Sekarang, buka window (jendela) yang ingin Anda copy dan pastikan segealanya sudah siap untuk di capture.

3. Jika Anda sudah siap untuk meng-capture layar, Anda bisa langsung menekan tombol print screen tersebut, maka keselurahan layar akan tertangkap. Namun jika Anda menekan Alt + print screen maka yang ter-capture hanyalah jendela program yang aktif .

4. Setelah itu, tekan tombol windows untuk mengakses menu aplikasi pada windows 8

5. Ketikan “Paint” pada opsi pencarian agar Anda bisa melihat ikon Paint

6. Klik pada ikon tersebut untuk membuka MS paint di komputer Anda

7. Sekarang Anda dapat mengklik “edit” dan “paste” print screen tersebut. Atau anda bisa klik kanan dan tekan paste. Anda juga bisa menggunakan Ctrl + V unuk mempastekan screenshot

8. Sekarang Anda bisa melihat hasil capture layar Anda . Anda kemudian bisa menimpannya dengan format jpg atau formain gambar lainnya.