Cara mengaktifkan BlackBerry Messenger di HP android pasti sudah banyak yang tahu. Tapi, tahukah Anda cara menginstall aplikasi Android pada BlackBerry? Cara yang satu ini pasti belum banyak yang tahu, karena Blackberry sendiri baru melakukan update system operasinya lewat pembaruan system operasi pada BlackBerry 10.2.1. Sehingga untuk pengguna perangkat BlackBerry 10, dapat dengan leluasa memasang aplikasi Android yang dikenal memiliki format APK. Caranya, dengan mengunduh aplikasi APK dari sumber mana pun.

Cara Install Aplikasi Android di blackberry

Ilustrasi

Menginstall aplikasi Android pada BlackBerry sebenarnya tidaklah terlalu sulit, meski Perusahaan asal Kanada yang memproduksi Blackberry ini tidak menjelaskan secara gambling, tentang bagaimanakah cara menginstalasi file APK ke perangkat BlackBerry. Buat Anda yang masih belum tahu, berikut ini langkah-langkah untuk Menginstall aplikasi Android pada BlackBerry 10.2.1:

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1. Cari file APK

Pengguna yang ingin memasang file APK tidak harus membeli atau mengunduhnya dari toko aplikasi BlackBerry World, tapi dapat mendownloadnya dari sumber mana pun, selama aplikasi berformat APK tersebut sudah dirancang untuk sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean.

Karena tidak bersumber dari Google Play Store yang merupakan toko aplikasi resmi Android, maka keamanan file tersebut juga masih meragukan. Untuk dapat memperoleh file APK yang aman, kunjungi beberapa sumber yang tepercaya, di antaranya adalah: 1mobile Market, APK Train (situs web), Amazon App Store, dan Snap APK Downloader.

2. Pindahkan file APK ke BlackBerry

Setelah mengunduh file APK, pindahkanlah file tersebut ke perangkat BlackBerry. Untuk memindahkannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan: pertama, jika file APK bersumber dari situs web, seperti APK Train, unduh langsung file APK tersebut melalui perangkat BlackBerry. Kedua, dengan cara mengirim file APK ke alamat e-mail yang kita miliki, dilanjutkan dengan menyalin file tersebut ke perangkat menggunakan kabel data.

3. Instal file APK dari Perangkat BlackBerry

Jika cara pertama yang Anda lakukan, jendela “Download” pada BlackBerry akan terbuka dan menanyakan nama yang akan dipakai serta tempat menyimpan file. Klik file tersebut begitu selesai diunduh, dan proses instalasi dengan sendirinya akan berjalan.

Jika cara kedua yang Anda lakukan, temukan terlebih dahulu file APK yang tersimpan dalam perangkat Blackberry dengan menggunakan fitur Search. Selanjutnya klik ikon dengan lambang kaca pembesar, dan ketik “.apk”. Jika file APK sudah diketemukan, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah meng-klik file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Satu hal yang harus diperhatikan, sebelum melakukan proses instalasi, pilihlah App Manager pada bagian Setting, dan pilih “Installing Apps”. Selanjutnya, ubah setting menjadi “On”, dengan maksud: untuk membuka perangkat Blackberry guna dipasang aplikasi dari luar BlackBery World.