Laptop saat ini merupakan salah satu peraqngkat yang cukup penting bagi sebagian besar orang. Mereka menggunakannya tergantung kebutuhannya mulai dari bekerja, mencari tugas, ataupun sekedar main game. Spesifikasi laptop yang dimilikinya juga beragam, mulai dari spesifikasi yang kuat, ataupun biasa saja.

Tips Merawat Laptop

Ilustrasi

Laptop sendiri biasanya digunakan setiap hari. Oleh karena itu, terkadang kita harus merawatnya secara berkala. Jika kita tidak merawatnya secara berkala, tentu akan mengalami permasalahan. Nah, agar tidak mengalami permasalahn, kita harus merawatnya agar tahan lama. Berikut ini PlasaGadget akan menghadirkan beberapa tips untuk Anda agar laptop Anda tahan lama.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1. Jangan Gunakan Laptop Di Dekat Makanan atau Minuman

Seperti yang kita ketahui, laptop merupakan barang elektronik. Oleh karena itu, harus di hindarkan dari air. Sebisa mungkin hindarkan laptop Anda dari makanan ataupun minuman untuk menghindari kemungkinan yang tidak diingankan.

2. Gunakan Laptop Secara Wajar

Laptop juga memiliki ketahanan tersendiri. Oleh karena itu, gunakanlah laptop Anda secara wajar agar tetap awet. Penggunaan yang wajar biasanya adalah 3 jam. Jika lebih dari itu, biasanya akan mengalami penurunan performa. Nah, agar lebih awet, setidaknya matikan laptop Anda sekitar 15 menit sebelum digunakan lagi setelah menggunakannya selama 3 jam.

3. Jangan di Over Clock

Over Clock memang sangat bagus untuk menaikkan performa laptop kita. Namun seperti yang kita ketahui, over clock merupakan teknik yang memaksa laptop untuk bekerja lebih keras. Jadi laptop biasanya akan lebih panas jika digunakan secara lama. Nah, untuk menghindari hal tersebut, saran saya jangan di over clock.

4. Bersihkan Secara Berkala

Saran saya bersihkan laptop Anda secara berkala. Bisa itu bagian dalam laptop ataupun bagian luar laptop. Selain akan lebih awet, penampilan laptop Anda akan lebih bersih jika dipandang.

5. Atur Sistem Anda

Biasanya harddisk akan mengalami dumping atau yang biasa disebut cache. Nah, biasanya ini akan menghambat performa laptop Anda. Jadi, setidaknya bersihkan sistem Anda dari cache dengan software yang bisa digunakan.

Nah, itulah 5 tips merawat laptop Anda agar lebih awet untuk digunakan secara lama. Jika Anda memiliki barang, setidaknya rawatlah. Oke, selamat mempraktekkannya yah.