Memiliki smartphone adalah impian sebagian besar orang, muda ataupun tua. Biasanya mereka menggunakan smartphone mereka untuk beberapa kegiatan seperti untuk pekerjaan, mengerjakan tugas, bermain, ataupun sebagainya. Namun kendala yang mereka alami biasanya adalah masalah finansial yang terbatas. Tentu salah satu jalan yang bisa digunakan adalah membeli smartphone bekas. Namun sudah rahasia umum jika tidak semua barang bekas memiliki kualitas bagus. Namun tenang saja, Plasa Gadget akan memberikan sediki tips agar Anda nantinya tidak kecewa terhadap barang yang Anda beli, walaupun bekas.

Tips Membeli Smartphone Bekas

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Membeli ponsel bekas memang tidak ada salahnya, namun kita harus tetap waspada agar tidak mudah tertipu oleh penjual yang ‘nakal’. Jadi sebelum kita membelinya, kita harus mengeceknya terlebih dahulu. Dibawa ini setidaknya ada 4 tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir mendapatkan barang tidak berkualitas.

1. Beli Pada Orang Terpercaya

Saat ini media online sudah banyak orang yang menjual barang bekasnya di internet seperti Tokobagus, Berniaga, Kaskus, dan lain sebagainya. Namun pastikan Anda bertransaksi pada orang yang telah terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan memverifikasi alamat ataupun nomor ponsel penjual. Apakah dia memang benar penipu atau tidak. Anda bisa mengeceknya di daftar situs penipu online ataupun mencarinya manual melalui google. Saran saya, belilah produk di tempat terdekat dari tempat Anda.

2. Periksa Smartphone

Seperti biasa, sebelum Anda membelinya, hendaklah periksa kinerja smartphone tersebut mulai dari booting, aplikasi, baterai, dan lain sebagainya. Selain itu, cek juga fisik dari ponsel tersebut. Apakah sebanding dengan harganya? Jika menurut Anda sebanding, Anda bisa mempertimbangkannya untuk dibeli.

3. Garansi!

Hal ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Sebelum Anda membeli, ada baiknya Anda bertanya apakah ponsel ini masih memiliki garansi? Jika masih memilikinya, Anda bisa beruntung jika sewaktu-waktu ponsel ini tidak berfungsi. Selain itu, hal ini untuk menghindari barang tersebut adalah barang curian ataupun barang black market.

4. Ajak Teman Anda

Cara yang paling mudah untuk mencari smarthone bekas berkualitas adalah mengajak teman kita yang mengerti tentang smartphone, lalu menanyakan kepadanya. Selain itu, dengan membawa teman yang lebih mengerti, tentunya Anda bisa membandingkannya.

Nah, itulah beberapa tips membeli smartphone bekas yang bisa Anda gunakan saat ingin membeli smartphone. Ingatlah, sebelum membeli smartphone, telitilah sebelum membayarnya. Hal tersebut untuk emnghindari kekecewaan setelah membeli.