Mengambil gambar di komputer atau biasa yang disebut dengan printscreen merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengambil bukti ataupun kegiatan lainnya. Biasanya orang-orang menggunakan tombol printscreen yang ada di keyboard. Namun hal tersebut biasanya akan cukup lama jika kebutuhannya untuk dipupload. Karena jika kita menggunakan manual, maka kita harus bekerja berkali-kali. Pertama kita harus mengambil screenshot pada komputer, lalu dimasukkan ke paint, lalu di simpan, dan terakhir di upload ke situs penyedia upload gambar.

Cara Mengambil Printscreen dengan Cepat

Cara Mengambil Printscreen dengan Cepat

Hal tersebut terbilang cukup lama jika dibutuhkan dengan cepat. Nah, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat printscreen dengan cepat jika untuk kebutuhan upload. Nama aplikasi ini adalah Lightshot yang mungkin beberapa diantara kalian ada yang sudah tau. Aplikasi ini berfungsi untuk mengambil gambar di layar kita, lalu kita bisa menyimpannya ataupun langsung menguploadnya secara otomatis. Biasanya sebelum menyimpan ataupun mengupload, Anda masih bisa mengedintya terlebih dahulu.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Silahkan Anda menuju ke link berikut ini. Anda akan diarahkan ke halaman unduhan aplikasi Lightshot itu sendiri. Nah, silahkan Anda unduh, aplikasi tersebut.

2. Setelah Anda unduh, silahkan Anda install pada laptop ataupun komputer Anda.

3. Jika sudah terinstall, maka sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut secara mudah.

4. Untuk menggunakannya, Anda bisa menekan tombol printscreen seperti biasa. Namun ada yang berbeda pada tampilannya, yaitu Anda bisa memilih area yang Anda inginkan ataupun keseluruhan layar.

5. Setelah nantinya memilih area yang akan di ambil, maka akan muncul beberapa pilihan yang bisa Anda ambil, yaitu langsung menguploadnya, menyimpannya di komputer, ataupun di edit terlebih dahulu.

Ada beberapa kelebihan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini. Salah satunya adalah Anda bisa langsung mengeditnya dan menguploadnya secara cepat tanpa menggunakan aplikasi lain seperti paint ataupun photoshop. Selain itu, terdapat juga tools dukungan untuk Firefox, Google Chrome, ataupun Internet Explorer.

Untuk kualitas gambar yang akan di dapatkan Anda bisa memilihnya, yaitu png, bmp, ataupun jpg. Jika Anda memilih upload, biasanya server yang digunakan adalah imgur ataupun imageshack. Nah, tertarik untuk menggunakannya? Silahkan Anda ikuti langkah diatas, dan rasakan kemudahan untuk mengambil screenshot pada layar Anda.