tips membeli blackberry bekas

Fakta tingginya penjualan BlackBerry bekas

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Kita tidak bisa menyangkal bahwa smartphone qwerty yang satu ini memang telah mengambil hati para pengguna ponsel di seluruh dunia, telah menyihir pecinta gadget canggih. Vendor ponsel pintar dari Amerika, RIM, memang berhasil dalam memboomingkan BBM (BlackBerry Messanger) untuk menjadi kebutuhan bagi banyak orang, baik individual, hingga grup bisnis. Berbagais eri pun ditembakkan RIMke pasar internasional. Bisa dikatakan, hampir tidak ada kendala berarti yang menghadang penjualan BB ke seluruh negara di dunia.

Penjualan smartphone qwerty ini luar biasa tinggi, baik untuk yang baru maupun yang second (bekas). Nah, justru, penjualan dan pembelian BB second sangat tinggi di tanah air kita ini. Saking tingginya, bahkan muncul importir BB bekas pengguna Amerika atau sering biasa disebut “handcarry USA”, dan BB bekas pengguna Amerika pun tak luput dari sasaran pembidik BB bekas. Apapun itu motifnya (tingginya angka belanja BB bekas), ini menarik sekali untuk dikulik.

Dua hal yang berhasil kami ketahui mengapa tinggi angka penjualan BB second di Indonesia, adalah:

  1. Penjualan BB black market tinggi di Indonesia. Ini mudah ditemukan di berbagai situs jual beli gratis, berbagai forum jual beli, dan blog-blog gratisan toko online penjualan gadget yang mana pemilik blog nya tidak berani memunculkan kepemilikan blognya karena sadar dia menjual barang yang tidak melalui cukai alias ilegal.
  2. Tingginya pengguna BB di Indonesia yang ingin selalu berganti model, sehingga dia beli hanya untuk dipakai sementara waktu, setelah puas dia jual kembali.

Bahkan kemungkinan besar, penjualan BB bekas ini sudah sangat masuk ke counter-counter HP yang biasa kita temui di tepi jalan besar dan pusat penjualan HP second. Tidak percaya? Anda bisa melakukan survey sendiri.

Jadi, penjualan BB bekas second yang ilegal menyatu dengan penjualan HP-HP lain yang legal? Tentu saja. bahkan hampir bisa dipastikan, Anda tidak akan pernah tahu apakah HP bekas, merk apapun itu, yang Anda beli adalah benar-benar HP dari vendor yang tertulis. Kini, kita mengakui sulitnya melihat perbedaan HP second asli, dari black market, rekondisi atau refurbish.

Namun, setidaknya Anda bisa menyoba tips membeli BlackBerry bekas berikut ini agar tidak rugi:

  • Cek IMEI dan PIN
    IMEI ini tertera di bagian dalam ponsel saat Anda melepas baterai dan juga berada di bagian kardus paket pembelian BB. Tekan tombol *#06#. Atau cek IMEI sekaligus PIN dengan cara menekan Options lalu pilih Status. Bisa juga dengan menekan ALT+CAPSLOCK+H.
  • Cek usia penggunaan
    C
    ek lama penggunaan BB dengan menekan Menu – Options – Status. Pada tampilan yang muncul, Anda ketik BUYR.
  • Cek kinerja BlackBerry
    C
    ek semua fitur BlackBerry dari fisik hingga fitur suara dengan menekan menu BB – Options – Status dan tulis TEST.
  • Cek fisik dan kelengkapan isi paket penjualan
    C
    ek baret, kancing backdoor, batere, dll. Cek paket penjualan, harusnya jika lengkap terdiri dari charger, kabel data, memory card, manual book, CD driver, handsfree, dan mungkin leather case untuk beberapa tipe BlackBerry.
  • Cek PIN
    T
    anyakan dan coba PIN yang disebutkan, masih berfungsi atau sudah suspended
  • Cek garansi resmi
    B
    B asli, pasti memiliki garansi resmi dari PT.Comtech Cellular, PT.Selluler Media Infotama, atau PT.Teletama Artha Mandiri (TAM).

Dengan semua anda sudah memiliki pedoman untuk memilih mana BB yang memang benar-benar bisa memberikan manfaat terbaik untuk anda sehingga anda tidak salah pilih dalam membeli Blackberry meskipun bukan Blackbery BNIB (Brand New In Box).