Aplikas Blackberry Messenger baru saja diluncurkan untuk perangkat android dan iOS. Nah, bagi anda yang mungkin menjadi salah satu pengguna BBM yang belum pernah mengguakan aplikasi ini di perangkat Blackberry, tentunya masih agak kaku dan belum familiar. Sehingga tak jarang salah kirim BBM terjadi ketika kita ingin menyapa teman pengguna BBM lainnya. Bayangkan jika pesan yang seharusnya dikirim untuk pacar yang bersifat pribadi, justru salah kirim ke kontak teman kantor, atau orang lain yang tidak kita inginkan. Bisakah pesan BBM tersebut dicegah agar tidak terbaca oleh kontak yang salah tersebut ? Maka anda tak perlu khawatir, sebab jawaban atas pertanyaan itu adalah bisa. Applikasi BBM terbaru memungkinkan untuk mencegah penerima pesan membaca pesan yang kita kirim. Lantas bagaimana cara menghapus salah kirim pesan BBM?

bbm for android

Cara menghapus salah kirim pesan BBM

Sebelum kita bahas cara mengatasi salah kirim pesan BBM, terlebiih dahulu harus diketahui bahwa pada aplikasi BBM terdapat report (laporan) atas pesan yang dikirim. Report tersebut berupa huruf “D” dan “R”. D berarti Delivered (terkirim) namun belum dibaca, sedangkan “Read” artinya Read atau sudah terbaca. Nah, selama pesan yang dikirim masih bertanda D dan belum terbaca atau R maka pesan tersebut bisa kita hapus tanpa terbaca oleh kontak penerima.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Berikut ini langkah menghapus salah kirim pesan BBM.

  1. Jangan panik, lihat report pesan yang salah kirim , jika masih “D” segera ikuti langkah selanjutnya
  2. Kembali ke daftar kontak dan arahkan pada nama kontak yang dikirimi pesan.
  3. Sentuh dan tahan nama kontak tersebut samapi keluar pilihan menu pilih delete (icon bergambar tempat sampah)
  4. Pilih tombol delete lagi pada jendela baru yang terbuka..
  5. Ketika tombol delete ditekan, maka nama kontak tadi akan hilang, begitu juga dengan nama kontak anda pada handset target juga akan hilang
  6. Lakukan add kontak lagi teman Anda tadi via PIN
  7. Saat kontak kembali ditambahkan maka history percakapan sudah hilang dan tidak akan terbaca oleh Anda maupun teman Anda.

Itulah trik menghapus salah kirim BBM, menjadi sangat penting jika isi pesan sangat rahasia atau sangat privasi sehingga berpotensi memalukan Anda.