Cara termudah untuk membuat lagu karaoke adalah dengan menghapus track vocal dari MP3. Pekerjaan ini akan memerlukan penggunakan pemograman komputer yang bisa mengedit MP3 file. Untungnya, Anda tidak perlu menjadi paar program komputer untuk mengedit sebuah file dalam program audio editing. Terlepas dari program audio editing, Anda mungkin perlu juga menginstall software encoding tertentu jika Anda ingin output file harus daam format Mp3.  Berikut ini cara membuat lagu karaoke.

Cara Membuat Lagu Karaoke Dari MP3

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

INSTRUKSI

1. Anda memerlukan sebuah program pengedit audio. Kunjungi website resmi Audacity dan klik “Download Audacity” di halaman depan. Tunggu hingga program terdownload lalu install ke komputer Anda.

2. Untuk pekerjaan tambahan yaitu mengexport proyek Anda menjadi file MP3, maka Anda perlu juga mendownload dan menginstall ‘LAME MP3 encode”. Program ini juga tersedia secara gratis di website resmi Audacity.

3. Jalankan Audacity dari lokasi dimana Anda menginstallnya. Kemudian Mulailah dengan membuat ‘New Project’ dan import file MP3 yang ingin Anda hapus vocal tracknya.

4. Akan ada tanda panah langsung disebelah judul track yang Anda import pada langkah sebelumnya. Klik panah tersebut dan pilih “Split Stereo Track” dari menu dropdown yang muncul. Setelah Anda memilih opsi ‘Split Stereo Track’, buka menu “Effects” dengan mengklik channel kanan. Dari menu “Effects”, klik tombol bernama “Invert”.

5. Untuk menghapus track vocal, cukup  arahkan ke “Track Menus” dan klik opsi “Mono”. Test bagaimana music terdengar dengan cara mendengarkannya. Jika Andapuas, bisa Anda ekspor ke MP3 menggunakan “LAME MP3 encoder”

6. Jika untuk beberapa alasan, Anda tidak sedang dengan hasilnya, pertimbangkan mengulangi proses dari awal kembali dan cek bagaimana hasilnya. Anda mungkin harus mengulang proses hingga beberapa kali sebelum Anda mendapatkan hasil yang di inginkan.